PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS ULASAN BERFOKUS PADA PENDAPAT DAN PERNYATAAN MENGGUNAKAN METODE CONECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) DI KELAS XI SMAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016-2017

EGA HERYANI, 135030081 (2017) PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS ULASAN BERFOKUS PADA PENDAPAT DAN PERNYATAAN MENGGUNAKAN METODE CONECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) DI KELAS XI SMAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016-2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRACT.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 RINGKESAN.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I FIX.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II FIX OTW (Repaired).pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III FIX.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text
BAB IV (Autosaved 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menulis teks ulasan merupakan salah satu kompetensi dalam mengulas dan menilai suatu karya. Pada pembelajaran menyusun teks ulasan penulis menghadirkan suatu inovasi, y akni dengan cara berfokus pada argumentasi. Sehingga terciptanya pembelajaran menulis teks ulasan yang menarik, dan efektif. Pada penelitian ini, penulis bermaksud untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menyusun teks ulasan. Metode pembelajaran yang digunakan yakni metode Conecting, Organizing, Reflecting, Ekstending (CORE ). Permasalahan ya-ng penulis rumuskan adalah: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyusun teks ulasan yang berfokus pada pendapat dan pernyataan menggunakan metode CORE di kelas XI SMAN 2 Bandung tahun pelajaran 2016/2017?; 2) Mampukah peserta didik kelas XI SMAN 2 Bandung menyusun teks ulasan dengan tepat dan benar?; dan 3) Efektifkah metode CORE diterapkan dalam pembelajaran menyusun teks ulasan di kelas XI SMAN 2 Bandung?. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu dengan teknik penelitian observasi dan tes. Adapun hasil dari penelitian tersebut adalah sebagai berikut. 1) Penulis mampu meren-canakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menyusun teks ulasan yang berfokus pada pendapat dan pernyataan menggunakan metode CORE. Hal tersebut terbukti dari perolehan nilai rata -rata penulis yang diberikan guru Bahasa Indonesia SMAN 2 Bandung, yaitu 3,7. 2) Siswa kelas XI SMAN 2 Bandung mampu menyusun teks ulasan yang berfokus pada pendapat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan belajar dengan nilai postes lebih besar dari nilai pretes,yakni 45,2 ≥ 80,6. 3) Metode CORE efektif digunakan dalam pembelajaran menyusun teks ulasan dengan pembuktian hasil perhitungan statistik dan taraf signifikansi pretest dan postes yaitu thitung sebesar dan ttabel pada tingkat kepercayaan 95% sebesar 2,06 artinya thitung ≥ ttabel. Berdasarkan data tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan CORE efektif digunakan dalam pembelajaran menyusun teks ulasan yang berfokus pada pendapat dan pernyataan. Kata kunci: (CORE), Menulis, Teks Ulasan, Argumentasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2017 07:49
Last Modified: 03 Oct 2017 07:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30176

Actions (login required)

View Item View Item