IQBAL ANUGRAH FADHLILLAH, 135030116 (2017) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS CERPEN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOVERATIVE INTEGRATED READING COMPOTITION DI KELAS XI SMA KARTIKA XIX-1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (491kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Menulis merupakan salah satu aspek berbahasa yang bersifat produktif. Metode pembelajaran cooverative integrated reading compotition adalah metode pembelajaran yang inovatif yang kian dikembangkan saat ini. Metode pembelajar-an tersebut dilaksanakan dengan cara berkelompok. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian berjudul “Pembelajaran Memproduksi Teks Cerita Pendek Berbasis Pendidikan Karakter dengan Menggunakan Metode Cooverative Integrated Reading Compotition di Kelas XI SMA Kartika XIX-1 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018”. Perumusan masalah ini meliputi kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks cerpen berbasis pendidikan karakter, kemampuan peserta didik dalam memproduksi teks cerpen berbasis pendidikan karakter, dan keefektifan metode cooverative integrated reading compotition dalam pembelajaran memproduksi teks cerpen berbasis pendidikan karakter di kelas XI SMA Kartika XIX-1 Bandung. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode eksperimen semu dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, tes dan analisis. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan keberhasilan. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks cerita pendek berbasis pendidikan karakter, dapat dibuktikan dari hasil penilaian guru Bahasa Indonesia mengenai persiapan dan pelaksanaan pem-belajaran. Penulis mendapatkan nilai rata-rata 3,4 dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran memproduksi teks cerpen berbasis pendidikan karakter. Peserta didik mampu memproduksi teks cerpen berbasis pendidikan karakter, dapat dibuktikan dari hasil tes awal dengan rata-rata 61,80 dan hasil tes akhir dengan rata-rata 77,47. Perbedaan tersebut menunjukkan selisih 3,65. Metode cooverative integrated reading compotition efektif digunakan di kelas XI SMA Kartika XIX-1 Bandung, dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan menunjukkan thitung > ttabel, yaitu 3,93 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 29. Dengan demikian, penulis menyimpulkan penelitian tersebut menunjukkan keberhasilan. Kata Kunci: Pembelajaran, memproduksi, teks cerita pendek berbasis pendidikan karakter, metode cooverative integrated reading compotition.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 07:23 |
Last Modified: | 02 Oct 2017 07:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30148 |
Actions (login required)
View Item |