Penerapan Model Discovery Learning Untuk Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Mengolah Informasi Pada Siswa Kelas I SDN Margaluyu I (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Diriku Sub Tema Tubuhku)

DWI PUTRI AYUNINGTYAS HANDOYO, 105060222 (2017) Penerapan Model Discovery Learning Untuk Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Mengolah Informasi Pada Siswa Kelas I SDN Margaluyu I (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Diriku Sub Tema Tubuhku). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1) Cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6) abstrak 1.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6) abstrak b.inggris 2.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6) ABSTRAK B.SUNDA 3.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II MPUT.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IIIa.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text
BAB IVa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
BAB Va.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA -a.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Peneliti melihat bahwa penerapan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kemampuan mengolah informasi, sarana dan prasarana kurang mendukung kegiatan belajar, pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang kreatif dan kurang menggali rasa percaya diri pada siswa dan guru masih menggunakan metode ceramah dalam proses penyampaian materi pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran yang bervariatif dan melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini menggunakan model Discovery Learning pada sub tema tubuhku. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dalam II siklus. Proses penelitian yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti sebagai mitra penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Margaluyu I Kota Subang berjumlah sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dan penilaian dokumen RPP. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya kemampuan komunikasi dan kemampuan mengolah informasi pada setiap siklusnya, sehingga kemampuan komunikasi siklus I sebesar 47,11%, dan siklus II sebesar 83,97%. Aspek afektif karakter siswa yang telah mencapai minimal 85% dari seluruh siswa dengan kriteria baik atau 3,00 pada siklus I sebesar 47,11% dan siklus II sebesar 86,21% sudah mencapai nilai ketuntasan. Aspek kognitif produk pada siklus I sebanyak 7 orang dari 26 siswa sudah mencapai nilai ketuntasan. Pada siklus II sebanyak 23 orang dari 26 siswa sudah mencapai nilai ketuntasan. aspek psikomotor keterampilan siswa yang telah mencapai minimal 85% dari seluruh siswa dengan kriteria baik atau 3,00 pada siklus I sebesar 50,32% sudah mencapai nilai ketuntasan. Pada siklus II sebesar 87,82% sudah mencapai nilai ketuntasan. Kata kunci: Komunikasi, Mengolah Informasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2010
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2017 03:52
Last Modified: 02 Oct 2017 03:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30136

Actions (login required)

View Item View Item