PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA ( Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sekelimus Bandung)

Rita Yuliani, 135060290 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA ( Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sekelimus Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsil RITAdocx.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b indo.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b inggris (2).pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I fix.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II fix.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR pustaka.pdf

Download (192kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Discovery Learning pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sekelimus Bandung dan dilatarbelakangi keadaan siswa yang kurang menunjukan keaktifan dan hasil belajar di dalam proses pembelajaran yang masih banyak dibawah KKM, dikarenakan guru dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran dan keaktifan siswa. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian keaktifan dan hasil tes belajar. Hasil belajar siklus I nilai rata-rata yaitu 61, hasil belajar siklus II 71 dan hasil belajar siklus III rata-rata nilai mencapai 82. Keaktifan siswa pada siklus I 50%, sklus II 67% dan mengalamipeningkatan pada siklus III 92%. Hasil belajar pada siklus I 50%, hasil belajar siklus II 67%, dan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 92%. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia di kelas IV SDN Sekelimus Bandung. Dengan demikian, penggunaan model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik pada subtema yang lainnya. Kata kunci: Discovery Learning, Keaktifan, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 30 Sep 2017 03:11
Last Modified: 30 Sep 2017 03:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30116

Actions (login required)

View Item View Item