ANALISIS SEMIOTIKA LOGO SUNMORE

KarinaAnggiani, 152050444 (2017) ANALISIS SEMIOTIKA LOGO SUNMORE. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
1 cover skripsi - Karina Anggiani (152050444).pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 abstrak,pengantar - Karina Anggiani (152050444).pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB I - Karina Anggiani (152050444).pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB II - Karina Anggiani (152050444).pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB III - Karina Anggiani (152050444).pdf

Download (636kB) | Preview
[img] Text
8 BAB IV - Karina Anggiani (152050444).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
9 BAB V - Karina Anggiani (152050444).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
2 Pengesahan,pernyataan, persembahan - Karina Anggiani (152050444).pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 Daftar pustaka, Pedoman wawancara - Karina Anggiani (152050444).pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Semiotika Logo SUNMORE”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemaknaan pada logo SUNMORE dengan melihat makna denotatif, makna konotatif, dan mitos. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data yang dilakukan terdiri dari studi kepustakaan, observasi, dan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti melakukan wawancara dengan informan kunci dari pihak SUNMORE, kemudian peneliti melakukan wawancara dengan ahli desain dan pelanggan. Setelah itu, hasil wawancara dan observasi, peneliti bahas dan analisis dengan terstruktur sesuai dengan hasil wawancara yang ada. Hasil dari penelitian menunjukan adanya makna denotatif, makna konotatif, dan mitos dibalik logo SUNMORE. Makna denotatif ditunjukan oleh lingkaran, garis zig-zag berbeda ukuran, garis menggelombang dengan posisi horizontal dan keseluruhan didominasi oleh warna hitam sebagai kesatuan unsur logo SUNMORE. Pemaknaan konotatif pada logo SUNMORE ialah berupa lingkaran yang menggambarkan matahari dengan kesan menerangi, serta keberadaannya sangat dibutuhkan oleh banyak orang; garis zig-zag berbeda ukuran menggambarkan gunung yang memberi sugesti semangat dan gairah juga menggambarkan gunung memiliki kesan besar, kokoh, dan membanggakan; garis menggelombang dengan posisi horizontal mewakili air yang menunjukan dinamis, dapat menyesuaikan warna atau tempat yang berbeda, dan juga unggul; warna hitam mencerminkan kesan simple, netral, dan berani. Keseluruhan unsur-unsur tersebut merujuk pada nilai prestise pada logo SUNMORE. Mitos pada logo SUNMORE ialah mitos dalam nilai prestise. SUNMORE percaya, prestise menjadi bagian tidak terpisahkan dengan konsep traveling. Rekomendasi yang bisa diberikan peneliti sebagai masukan bagi pihak SUNMORE dalam perihal logo, yaitu sebaiknya SUNMORE memperhatikan strategi khusus untuk mengenalkan logo baru kepada masyarakat, ada variasi warna agar tidak monoton, serta sebaiknya menambahkan tipografi sebagai unsur pembentuk logo SUNMORE agar lebih menarik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 27 Sep 2017 06:20
Last Modified: 27 Sep 2017 06:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30056

Actions (login required)

View Item View Item