EVALUASI EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

NYLLA ISMAYANTI, NPM.138020140 (2017) EVALUASI EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN. Thesis(S2) thesis, unpas.

[img] Text
Artikel bu Nila.docx

Download (200kB)

Abstract

Informasi awal penerapan Kurikulum 2013 di SDPN Sabang dalam kegiatan belajar mengajar membutuhkan berbagai macam penyesuaian, salah satunya penyesuaian penyampaian pembelajaran dari mata pelajaran ke bentuk tema, untuk itu guru dan kepala sekolah mengalami pindah dalam mengikuti petunjuk yang diperoleh dari sosialisasi Kurikulum 2013 yang didapatkan. Selanjutnya untuk sekolah yang menggunakan KTSP dalam hal ini SD Pertiwi informasi yang didapat dalam kegiatan belajar mengajar pembelajaran disampaikan secara parsial sehingga untuk siswa terasa berat / jenuh, buku paket siswa terlalu banyak, jam mengajar terlalu banyak bagi guru dan untuk penilaian sikap tidak ada bukti tertulisnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan evaluasi efektivitas implementasi kurikulum. Mengetahui Evaluasi Efektivitas Implementasi Kurikulum 2013 dengan KTSP (Studi Komparatif). Hasil penelitian yang dilakukan di SDPN Sabang dan di SD Pertiwi Bandung tentang implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum KTSP ditemukan oleh peneliti bahwa dari SDPN Sabang yang mengimplementasikan kurikulum 2013, seluruh komponen sekolah sangat mendukung bergulirnya kurikulum, dukungan ini diantaranya terwujud pada sikap kebijakan kepala sekolah yang selalu mengirimkan para gurunya dalam pelatihan-pelatihan, workshop guna penguasaan para guru terhadap kurikulum yang ada dapat maksimal, kesiapan para guru dalam mengimplementasikan kurikulum yang sedang di terapkan juga sangat profesional. Di SD Pertiwi Bandung setiap perubahan kurikulum juga selalu di tanggapi dengan positif, dari mulai kurikulum 1975, 1984,1994, KBK, KTSP sampai kurikulum 2013. Namun melihat beberapa pertimbangan serta sarana prasarana maka kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi menerapkan kebijakan bahwa sekolah masih menggunakan KTSP, namun tetap saja kepala sekolah juga selalu mendukung penerapan kurikulum 2013 pada waktu yang akan datang, terbukti dengan selalu mengirimkan para guru secara bergiliran untuk mengikuti pelatihan dan workshop kurikulum 2013 sebagai persiapan untuk penerapan kurikulum 2013 di masa yang akan datang. Kata kunci: Kurikulum 2013, dan KTSP

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 27 Sep 2017 05:30
Last Modified: 27 Sep 2017 05:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30052

Actions (login required)

View Item View Item