RAMA PRAYUDA GAOS, 132010060 (2017) PENGARUH PERILAKU BIROKRASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MAJALENGKA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
Text
COVER.doc Download (110kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (28kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (59kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (179kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.rtf Download (47kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (22kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil penjajagan dan pengamatan yang peneliti lakukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Majalengka, peneliti menemukan masalah utama dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kualitas pelayanan yang diberikan oleh pegawai. Hal ini terlihat dari indikator: Kurangnya rasa empati yang dimiliki pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Terlihat masih adanya proses pelayanan yang dibeda-bedakan terutama terhadap kerabat dari pegawai yang cenderung bisa di permudah dan dipercepat sehingga timbul kesan tidak adanya kemudahan yang seimbang dalam pelayanan yang diberikan. Masalah tersebut diduga disebabkan Sistem peraturan, dalam hal ini berkaitan dengan aturan dalam melaksanakan tugas. Pegawai belum sepenuhnya menjalankan tugas berdasarkan aturan formal serta bekerja dengan profesional dengan mengutamakan proses pelayanan kerabatnya sendiri dengan melalui jalan yang tidak formal/jalan pintas agar proses pelayanan kerabatnya itu mampu dipercepat dan dipermudah. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelitian asosiatif dengan menggunakan analisa kuantitatif, sedangkan teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang meliputi observasi non pertisipan, wawancara dan penyebaran angket dengan menggunakan teknik aksidental yang disebarkan kepada 38 responden. Hasil penelitian yang didasarkan pada hipotesis secara simultan menunjukan bahwa kualitas pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Majalengka di pengaruhi perilaku birokrasi sebesar 42.1%. Sedangkan secara parsial besaran pengaruh untuk pembagian tugas (X1) sebesar 5.50%, sistem peraturan (X2) sebesar 3.20%, hierarki (X3) sebesar 7.90%, tata cara impersonal (X4) sebesar -4.4%, penentuan pegawai didasarkan kelayakan seseorang (X5) sebesar 29.90%. Sedangkan pengaruh variabel lain yang tidak diteliti sebesar 57.9%. Dalam penelitian ini perilaku birokrasi secara empiris memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kualitas pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Majalengka, baik secara parsial maupun simultan. Penentuan pegawai didasarkan kelayakan seseorang memiliki pengaruh yang paling besar memberikan pengaruh terhadap kualitas pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Majalengka. Sedangkan tata cara impersonal paling kecil memberikan pengaruh terhadap kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Majalengka tidak hanya dipengaruhi oleh variabel perilaku birokrasi saja tetapi dipengaruhi juga faktor lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2017 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 26 Sep 2017 01:50 |
Last Modified: | 26 Sep 2017 01:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29934 |
Actions (login required)
View Item |