Anita Nurqonita, 135020050 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 18 BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017 (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Mengenai Lembaga Jasa Keuangan di Kelas X MIPA 1). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1_COVER.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
5_ABSTRAK (INDONESIA).pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
6_ABSTRAK (INGGRIS).pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
7_ABSTRAK (SUNDA).pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
14_BAB I.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
15_BAB II.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
16_BAB III.pdf Download (228kB) | Preview |
|
Text
17_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
||
Text
18_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
|
Text
19_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (55kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMAN 18 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017 (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Mengenai Lembaga Jasa Keuangan di Kelas X MIPA 1) Permasalahan dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, serta mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 18 Bandung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 18 Bandung, tahun ajaran 2016/2017 yang keseluruhannya berjumlah 56 orang siswa, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas ekperimen dan X IIS 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pre-test dan post-test, serta dokumentasi untuk menjawab permasalah tersebut menggunakan studi kuasi eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen (bebas) yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (X) dan variabel dependen (terikat) yaitu kemampuan berpikir kritis (Y) siswa. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dibandingkan dengan siswa kelas kontrol dimana hasil post-test kelas ekperimen yaitu 80,38 sedangkan hasil belajar post-test kelas kontrol yaitu 69,47. Meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa dengan Pengujian hipotesis (Uji-t) post-test dapat dilihat bahwa nilai probabilitas signifikansi atau p-value sebesar 0,00 atau lebih kecil dari 0,05 atau 5% yang artinya hipotesis yang berbunyi model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (X) pada mata pelajaran ekonomi berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis (Y) sebesar 41% pada siswa kelas X tahun ajaran 2016/2017 di SMA Negeri 18 Bandung. Sebagai penutup penulis menyampaikan saran kepada pihak-pihak terkait, yakni : (1) Bagi guru, hendaknya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle sehingga kemampuan berpikir kritis siswa meningkat; (2) Bagi sekolah, mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran dan menerapkan model yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa; (3) Bagi kepala sekolah, memberikan pengarahan kepada guru untuk lebih mengembangkan pembelajaran kooperatif khususnya tipe inside-outside circle; (4) Bagi siswa, lebih mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga pola pikir siswa lebih luas; (5) Bagi peneliti selanjutnya, agar mengadakan penelitian lebih lanjut terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 23 Sep 2017 07:54 |
Last Modified: | 23 Sep 2017 07:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29905 |
Actions (login required)
View Item |