PENGGUNAAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM EKSKRESI

NENG ITA JUWITA APRILIANTI, 135040097 (2017) PENGGUNAAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM EKSKRESI. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
sampul.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (592kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan penemuan masalah di SMA Darul Falah Cihampelas. Keterampilan Proses Sains siswa bidang studi Biologi di setiap kelas memiliki nilai rata-rata dibawah KKM sebanyak 70% siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa melalui penggunaan media laboratorium virtual pada konsep sistem ekskresi. Populasi terdiri atas kelas XI sebanyak 5 kelas. Sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain Control Group Pretest and Posttest. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif PG (pilihan ganda) sebanyak 20 butir soal. Hasil data pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji normalitas dengan chi-kuadrat, uji homogenitas dengan uji F, uji hipotesis dengan uji t, kemudian uji N-Gain untuk menghitung nilai peningkatan keterampilan proses sains siswa. Nilai rata-rata posttest yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 73,229 lebih rendah dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 84,972 Hasil uji t menyatakan bahwa thitung -5,264 lebih rendah dari ttabel 1,992 yang artinya hasil belajar tidak signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga hipotesis ditolak. Nilai N-Gain yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 0,641 (kriteria sedang). Nilai N-Gain yang diperoleh kelas kontrol yaitu 0,763 (kriteria tinggi). Proses pembelajaran melalui penggunaan media laboratorium virtual pada konsep sistem ekskresi tidak dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dan penggunaan laboratorium riil lebih baik dibandingkan laboratorium virtual jika untuk mengukur keterampilan siswa. Kata kunci: Media Laboratorium Virtual, Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Penggunaan Media Pembelajaran virtual.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2017 07:21
Last Modified: 23 Sep 2017 07:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29898

Actions (login required)

View Item View Item