Neng Isma Septiani, 135020105 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP (Studi kuasi eksperimen pada sub tema koperasi di Kelas X IPS SMA Bina Dharma 2 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
001- COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
007- ABSTRAK.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
001-BAB1.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
002- BABII.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
003- BABIII.pdf Download (258kB) | Preview |
|
Text
004- BABIV.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
||
Text
005- BABV.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (142kB) | Preview |
Abstract
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah tingkat pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS SMA Bina Dharma 2 Bandung masih relatif rendah, hal ini diduga dalam penerapan model pembelajaran yang belum optimal untuk di terapkan dalam kegiatan belajar, kondisi kelas yang kondusif, aktif, kreatif dan kerja sama tinggi maka secara tidak langsung akan meningkatkan pemahaman konsep siswa pada sub tema koperasi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disini yang menjadi faktor utama agar berjalan dengan lancar penerapan model pembelajaran koperatif tipe STAD yakni peran guru terhadap bimbingan dan arahan tugas yang diberikan pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Quasi Eksperimental. Dalam metode ini menggunakan penelitian Pre-test dan Pos-test yang bertujuan untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMA Bina Dharma 2 Bandung, dengan jumlah total 28 siswa. Bertempat di SMA Bina Dharma 2 Bandung Jalan Babakan Sari I No. 131. Setelah dilakukan penelitian melalui tes awal sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD diperoleh hasil rata-rata klasikal adalah 36,857. Kemudian dilaksanakan tes akhir setelah menggunak an model pembelajaran cooperative learning tipe STAD diperoleh nilai rata-rata hasil tes siswa kelas X IPS SMA Bina Dharma 2 Bandung secara klasikal adalah 90,357. Nilai rata-rata tersebut mengalami peningkatan dengan hitungan N-Gain 0,847 dengan kategori tinggi. Pengalaman yang diperoleh siswa pada saat mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD menjadi pendorong bagi siswa untuk lebih memahami materi ajar, lebih aktif bertanya, lebih bekerjasama dan lebih t ertarik pada kegiatan pembelajaran. Kesimpulan, dengan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa pada sub tema koperasi, siswa menjadi lebih mudah dalam memahami materi ajar dengan sedikit arahan dan bimbingan dari guru mata pelajaran. Dari awalnya pembagian ke lompok tidak secara ras, heterogen, maupun tidak secara merata menjadi merata karena penerapan model pembelajaran yang berbeda yang lebih memberikan semangat kerjasama baru dalam menyelesaikan tugas dan memahami materi yang sedang diajarkan. Sebagai akhir penelitian penulis menyimpulkan saran kepada siswa agar lebih bersifat aktif, kreatif, inovatif selama pembelajaran, bagi guru diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam penyampaian materi, bagi peneliti diharapkan dapat meneliti keberhasilan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Pemahaman Konsep.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 23 Sep 2017 06:56 |
Last Modified: | 23 Sep 2017 06:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29895 |
Actions (login required)
View Item |