Devina Nurfitriana Sari, 135020006 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK. (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X SMK Pasundan 2 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
Cover.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (384kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK. (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausaahan kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Pasundan 2 Bandung tahun pelajaran 2016/2017)” Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan peningkatan kreativitas peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Jumlah subjek penelitian 70 orang peserta didik, yang terdiri dari 36 peserta didik kelas X TPM C yang dijadikan kelas eksperimen dan 34 orang peserta didik kelas X TPM C yang dijadikan kelas kontrol. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berbetuk essay. Untuk mengetahui kelayakan perangkat tes pengambilan data dalam penelitian ini, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, realiabitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran butir soal. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan program SPSS versi 21.0 for windows. Dengan menguji hipotesis berdasarkan hasil pengolahan teknik pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa peningkatan kreativitas peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. . Peningkatan kreativitas peserta didik pada kelas eksperimen dilihat dari N-gain yaitu sebesar 0.741 yang berkategori tinggi, sedangkan ke las kontrol sebesar 0.602 yang berkategori sedang. Berdasarkan hasil hitung Eta square menunjukan bahwa pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap kreativitas siswa sebesar 23,1%. Kesimpulan penelitian dapat d iterima, sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran guru sebaiknya menggunakan variasi model pembelajaran salah satunya model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas peserta didik Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning), Kreativitas.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 23 Sep 2017 06:10 |
Last Modified: | 23 Sep 2017 06:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29890 |
Actions (login required)
View Item |