MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X IPS SMA PGRI 1 Bandung)

Elvia Maulianugrah, 135020077 (2017) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X IPS SMA PGRI 1 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Elvia.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dengan kelas yang menggunakan metode konvensional (ceramah). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA PGRI 1 Bandung. Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dengan cara teknik tes, jenis tes yang digunakan adalah tes objektif essay dengan menggunakan 2 cara tes yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Populasi pada penelitian ini, yaitu peserta didik kelas X IP S 1 yang berjumlah 42 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 yang berjumlah 42 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa, 1. Terdapat perbedaan hasil belajar pada saat pretest antara kelas eksperimen dengan hasil rata-rata 21,55 dan kelas kontrol dengan hasil rata-rata 22,38 2. Terdapat perbedaan hasil belajar pada saat posttest antara kelas eskperimen dengan hasil rata -rata 78,81 dan kelas kontrol dengan hasil rata-rata 47,62 3. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaraan STAD dengan hasil rata-rata posttest sebesar 78,81 dari hasil pretest yang hanya sebesar 21,55 dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan hasil rata-rata posttest sebesar 47,62 dari pretest sebesar 22,38. Keadaan ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran Student Team Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan pembelajaran ini dapat dijadikan s alah satu alternatif bagi guru untuk melakukan proses pembelajaran dikelas. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2017 04:06
Last Modified: 23 Sep 2017 04:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29880

Actions (login required)

View Item View Item