PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI DAN KEBAHASAAN TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING DI KELAS XI SMAN 1 CIPARAY TAHUN PELAJARAN 2016/2017

AGNIA SABIETAH, 135030075 (2017) PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI DAN KEBAHASAAN TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING DI KELAS XI SMAN 1 CIPARAY TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Teks drama adalah karangan yang berisi ungkapan perasaan, ide atau gagasan dalam bentuk tulisan yang berupa dialog atau percakapan dengan menceritakan kejadian atau peristiwa yang terjadi. Metode Discovery Learning adalah proses pembelajaran yang menitik beratkan pada mental intelektual para peserta didik dalam mencari tahu sendiri sebuah informasi dan memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi. Penulis tertarik melakukan penelitian mengenai pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama dengan menggunakan metode discovery learning pada siswa kelas XI SMAN 1 Ciparay. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; (1) mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama dengan menggunakan metode discovery learning di kelas XI SMAN 1 Ciparay?; (2) mampukah peserta didik melaksanakan pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama dengan tepat sesuai dengan unsur yang ada di dalamnya?; (3) Efektifkah metode discovery learning digunakan dalam pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan peserta didik, dan keefektifan metode discovery learning dalam pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama pasa siswa kelas XI SMAN 1 Ciparay. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode eksperimen semu tipe one grup pretest-posttest design adapun hasilnya; (1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama dengan menggunakan metode discovery learning pada siswa kelas XI SMAN 1 Ciparay; (2) siswa kelas XI SMAN 1 Ciparay mampu menganalisis isi dan kebahasaan teks drama dengan rinci sesuai dengan struktur dan kebahasaannya.; (3) metode discovery learning efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama pada siswa kelas XI SMAN 1 Ciparay. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dapat diterima. Kata Kunci: pembelajaran, teks drama, metode discovery learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2017 03:44
Last Modified: 23 Sep 2017 03:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29877

Actions (login required)

View Item View Item