PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU (Pe ne litian Tindakan Ke las Subte ma Lingkungan Te mpat Tinggalku Ke las IV SDN Bale bat Kabupate n Subang Tahun Ajaran 2016/2017)

RISKA APRILIA PUSPITASARI, 135060079 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU (Pe ne litian Tindakan Ke las Subte ma Lingkungan Te mpat Tinggalku Ke las IV SDN Bale bat Kabupate n Subang Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover 1.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustak1.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Balebat pada subtema lingkungan tempat tinggalku dengan menggunkan model Problem Based Learning. Peneliti ini didasari dari kurangnya keaktivan siswa dikelas sehingga berdapmpak pada hasil belajar yang cenderung rendah. Peneliti ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik evaluasi yang digunakan adalah tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan nontes digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran model Problem Based Learning dan kinerja peneliti sebagai guru. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi penelitian pelaksanaan pembelajaran, lembar sikap, lembar keterampilan dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berhasil meningktkan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan persentase rasa ingin tahu dalam belajar pada siklus I 12,5% ada peningkatan di siklus II sebesar 45% dan meningkat di siklus III sebesar 80%. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I adalah 30% meningkat pada siklus II menjadi 65% dan tuntas pada siklus III menjadi 87,5%. Sedangkan untuk keterampilan mengalami ketuntasan pada siklus II hasil dari siklus I adalah 22,5% meningkat menjadi 82%. Dengan demikian penggunaan model Problem Based Learning terbukti sangat sangat berpengaruh terhadap peningkatan terhadap sikap rasa ingin tahu, hasil belajaran dan keterampilan siswa. Kata Kunci : Problem Based Learning Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2017 03:25
Last Modified: 23 Sep 2017 03:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29874

Actions (login required)

View Item View Item