PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Studi pada: Siswa Kelas XI AP Mata Pelajaran Pengantar Keuangan dan Akuntansi Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Pasundan 1 Bandung)

DELANI HAFSAH, 135020063 (2017) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Studi pada: Siswa Kelas XI AP Mata Pelajaran Pengantar Keuangan dan Akuntansi Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Pasundan 1 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Berdasarkan Penelitian Eksperimen ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi peserta didik dalam model Problem Based Learning dalam pembelajaran Pengantar Keuangan dan Akuntansi. Penelitian kuasi eksperimen ini dilaksanakan di kelas XI AP SMK Pasundan 1 Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan peserta didik kelas XI yang tidak kritis didalam pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan ceramah konvesional, sedangkan dengan model-model pembelajaran lain khusunya model pembelajaran Problem Based Learning belum pernah dilaksanakan. Penelitian kuasi ekperimen dilaksanakan dalam 3 pertemuan. Model Problem Based Learning (PBL) pada penelitian ini telah dilakukan dalam 3 kali pertemuan, dimana pertemuan berlangsung selama 2x45 menit. Secara keseluruhan penerapan model Problem Based Learning telah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi Belajar akuntansi yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas XI AP 1 SMK Pasundan 1 Bandung adalah baik. Hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya nilai rata-rata 89,90625. Pretasi belajar akuntansi yang menggunakan metode ceramah pada kelas XI AP 2 SMK Pasundan 1 Kota Bandung adalah cukup baik. Hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya nilai 85.3333. Dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah. Sehingga dalam penelitian ini, model pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif meningkatkan prestasi belajar siswa dari pada metode ceramah siswa kelas XI AP SMK Pasundan 1 Bandung. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada siswa agar meningkatkan kerjasama dalam proses belajar mengajar, kepada guru agar meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan dan menyampaikan materi, bagi sekolah agar mengadakan pertemuan MGMP untuk mendiskusikan permasalahan pendidikan dan pembelajaran, bagi orang tua agar memfasilitasi kegiatan belajar anak. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2017 02:44
Last Modified: 23 Sep 2017 02:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29870

Actions (login required)

View Item View Item