DELANI HAFSAH, 135020063 (2017) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Studi pada: Siswa Kelas XI AP Mata Pelajaran Pengantar Keuangan dan Akuntansi Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Pasundan 1 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (807kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (375kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (891kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan Penelitian Eksperimen ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi peserta didik dalam model Problem Based Learning dalam pembelajaran Pengantar Keuangan dan Akuntansi. Penelitian kuasi eksperimen ini dilaksanakan di kelas XI AP SMK Pasundan 1 Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan peserta didik kelas XI yang tidak kritis didalam pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan ceramah konvesional, sedangkan dengan model-model pembelajaran lain khusunya model pembelajaran Problem Based Learning belum pernah dilaksanakan. Penelitian kuasi ekperimen dilaksanakan dalam 3 pertemuan. Model Problem Based Learning (PBL) pada penelitian ini telah dilakukan dalam 3 kali pertemuan, dimana pertemuan berlangsung selama 2x45 menit. Secara keseluruhan penerapan model Problem Based Learning telah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi Belajar akuntansi yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas XI AP 1 SMK Pasundan 1 Bandung adalah baik. Hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya nilai rata-rata 89,90625. Pretasi belajar akuntansi yang menggunakan metode ceramah pada kelas XI AP 2 SMK Pasundan 1 Kota Bandung adalah cukup baik. Hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya nilai 85.3333. Dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah. Sehingga dalam penelitian ini, model pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif meningkatkan prestasi belajar siswa dari pada metode ceramah siswa kelas XI AP SMK Pasundan 1 Bandung. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada siswa agar meningkatkan kerjasama dalam proses belajar mengajar, kepada guru agar meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan dan menyampaikan materi, bagi sekolah agar mengadakan pertemuan MGMP untuk mendiskusikan permasalahan pendidikan dan pembelajaran, bagi orang tua agar memfasilitasi kegiatan belajar anak. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 23 Sep 2017 02:44 |
Last Modified: | 23 Sep 2017 02:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29870 |
Actions (login required)
View Item |