PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIC (VAK) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP

Dedeh Fatimah, 135050009 (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIC (VAK) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SKRIPSI.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dedeh Fatimah (135050009), Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Regulated Learning Siswa SMP. Peranan matematika dalam dunia pendidikan sangatlah penting, karena matematika sebagai sumber dari ilmu yang lain. Salah satu dari kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika adalah kemampuan pemecahan masalah matematis serta aspek afektif yang harus dimiliki siswa adalah Self Regulated Learning. Namun kenyataannya, kemampuan pemecahkan masalah matematis serta Self Regulated Learning siswa relatif masih rendah sehingga diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis serta Self Regulated Learning siswa yaitu dengan model pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK). Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) untuk mengetahui Self Regulated Learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desainnya kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Cimahi. Adapun sampel penelitiannya adalah dipilih secara acak sebanyak dua kelas, yaitu siswa kelas VII-J akan digunakan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-I akan digunakan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tipe uraian kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala Self Regulated Learning menggunakan skala Likert. Tes kemampuan pemecahan masalah matematis diujicobakan terlebih dahulu dikelas VIII MTs Riyadlul Huda Ngamprah. Dari hasil uji coba tes diperoleh semua soal layak untuk dipakai. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Self Regulated Learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Kata kunci: Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Regulated Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2017 02:35
Last Modified: 23 Sep 2017 02:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29868

Actions (login required)

View Item View Item