Tia Astriyani, 135020036 (2017) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMK PASUNDAN 2 BANDUNG (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X di SMK Pasundan 2 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (291kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini “Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X SMK Pasundan 2 Bandung” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan saintifik dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TSM B sebagai kelas eksperimen dan X TSM C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes tertulis yakni pre-test dan post-test. variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen (bebas) yaitu Pendekatan saintifik (X) dan variabel dependen (terikat) yaitu hasil belajar (Y). Sedangkan teknik pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS release 21.0 for windows. Dengan menguji hipotesis berdasarkan hasil pengolahan teknik pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dilihat dari nilai N-Gain yaitu sebesar 0.687. Sedangkan kelas kontrol sebesar 0.638. Hal ini berarti terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan saintifik dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil hitung Eta square menunjukan bahwa pengaruh penggunaan pendekatan saintifik sebesar 11.7%. Kesimpulan penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran kepada siswa agar dapat terus mengembangkan kualitas belajarnya. Kepada guru sebaiknya menggunakan pendekatan saintifik sebagai alternatif dalam pembelajaran. Kepada sekolah diharapkan dapat dijadikan sumber infromasi berharga terutama dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dan kepada peneliti selanjutnya diharapkan agar dapat mengembangkan pendekatan saintifik menjadi lebih inovatif pada mata pelajaran lain dan di kelas yang berbeda. Kata Kunci : Penerapan Pendekatan Saintifik dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 23 Sep 2017 02:14 |
Last Modified: | 23 Sep 2017 02:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29866 |
Actions (login required)
View Item |