PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP

WILLY HARDIANSYAH AGUSTIAN, 135050057 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak 1.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak 2.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Willy Hardiansyah Agustian (2017). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa SMP. Peningkatan kualitas SDM ditandai dengan terbentuknya manusia yang kreatif. Kemampuan berfikir kreatif mendapatkan perhatian yang cukup besar dalam bidang pendidikan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif adalah melalui pembelajaran matematika. Namun dalam kenyataannya, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan pengembangan berpikir kreatif dalam pembelajaran di sekolah belum dilaksanakan secara optimal. Dalam pelajaran matematika lebih banyak diajarkan dengan menjejali siswa untuk menghafal rumus sebanyak-banyaknya dengan menghafal perhitungan-perhitungan rumit dan membosankan sehingga muncul persepsi bahwa matematika identik dengan ilmu berhitung. Salah satu model pembelajaran yang menangani kreativitas secara langsung adalah model pembelajaran Treffinger. Model ini melibatkan dua ranah yaitu kongnitif dan afektif, serta terdiri dari tiga tahapan penting, yaitu tahap pengembangan fungsi divergen, dengan penekanan keterbukaan kepada gagasan-gagasan baru dan berbagai kemungkinan tahap pengembangan berfikir dan merasakan lebih kompleks dengan penekanan kepada penggunaan gagasan dalam situasi kompleks disertai ketegangan dan konflik, serta tahap pengembangan keterlibatan dalam tantangan nyata dengan penekanan kepada penggunaan proses-proses berfikir dan merasakan secara kreatif untuk memecahkan masalah secara bebas dan mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model Treffinger lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) untuk mengetahui apakah Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Treffinger lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Menurut metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa SMP dan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP 2 Cimahi tahun ajaran 2016/2017 sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kreatif dan self-regulated learning. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan, yaitu: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model Treffinger lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Treffinger lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Model Pembelajaran Treffinger, Self-Regulated Learning, Model Pembelajaran Konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 20 Sep 2017 06:21
Last Modified: 20 Sep 2017 06:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29851

Actions (login required)

View Item View Item