PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Sub Tema BUMN dan BUMS Pada Siswa Kelas X IPA SMA Pasundan 3 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

ANGGI ATMANDA PUTRI, 135020042 (2017) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Sub Tema BUMN dan BUMS Pada Siswa Kelas X IPA SMA Pasundan 3 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul Penggunaan Media Pembelajaran Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Quasi Eksperimen Sub Tema BUMN dan BUMS Pada Siswa Kelas X IPA SMA Pasundan 3 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Dengan latar belakang hasil belajar ekonomi di SMA Pasundan 3 Bandung. Banyak usaha yang dilakukan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu upayanya adalah dengan melakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran prezi. Upaya tersebut dilakukan agar hasil belajar siswa meningkat dan siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Permasalahan dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran prezi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X, serta mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran prezi pada sub tema BUMN dan BUMS. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA Pasundan 3 Bandung tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas yang keseluruhannya berjumlah 43 orang siswa yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 Sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengolahan data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji dan N-gain .Variabel penelitian ini terdiri dari variable independen (bebas) yaitu penggunaan media pembelajaran prezi (X) dan variable dependen (terikat) yaitu hasil belajar (Y) siswa. Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dilihat dari rata-rata pretest dan posttest sebesar 34.38 dan 79.86 dengan n-gain sebesar 0,69. Dengan demikian dapat disimpulan berdasarkan bukti dan hasil penelitian diatas hipotesis penelitian dapat teruji yang artinya berarti bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran prezi pada sub tema BUMN dan BUMS. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, untuk selanjutnya peneliti memberikan saran kepada sekolah agar mengadakan pembinaan kepada guru terutama dalam media pembelajaran dan melengkapi fasilitas yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran serta menjadikan penelitian ini sebagai pedoman untuk meningkatkan hasil belajar siswa, saran kepada guru diharapkan dapat menggunakan media prezi dalam proses pembelajaran agar dapat membantu siswa menjadi aktif, kreatif dan termotivasi, saran bagi siswa agar siswa belajar dengan bersungguh-sungguh agar mendapatkan hasil yang maksimal, dan saran bagi peneliti selanjutnya agar dapat lebih mengembangkan penggunaan media pembelajaran lainnya. Kata Kunci: Media Pembelajaran Prezi, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 20 Sep 2017 04:40
Last Modified: 20 Sep 2017 04:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29848

Actions (login required)

View Item View Item