PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS XI IPS DI SMA PASUNDAN 8 BANDUNG (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Pokok Bahasan Pasar Modal Tahun Ajaran 2016-2017)

LISTIA RAHAYU SOPYANTO, 135020040 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS XI IPS DI SMA PASUNDAN 8 BANDUNG (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Pokok Bahasan Pasar Modal Tahun Ajaran 2016-2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (192kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Pemahaman Siswa Kelas XI IPS di SMA Pasundan 8 Bandung (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dengan Sub Pokok Bahasan Pasar Modal Tahun Ajaran 2016-2017). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match dalam pembelajaran ekonomi dengan sub pokok bahasan pasar modal kelas XI IPS di SMA Pasundan 8 Bandung. (2) Untuk mengetahui pemahaman siswa dalam pembelajaran ekonomi dengan sub pokok bahasan pasar modal kelas XI IPS di SMA Pasundan 8 Bandung. (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran make a match terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran ekonomi dengan sub pokok bahasan pasar modal kelas XI IPS di SMA Pasundan 8 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif dengan tingkat ekplanasi asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan kuesioner/angket dengan teknik pengolahan data dengan cara uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen (bebas) yaitu penggunaan model pembelajaran make a match (X) dan variabel dependen (terikat) yaitu pemahaman siswa (Y). Dengan menguji hipotesis berdasarkan hasil pengolahan teknik pengujian hipotesis yaitu koefisien determinasi dapat diketahui bahwa pengaruh model pembelajaran make a match terhadap pemahaman siswa sebesar 54%, yang berarti bahwa pemahaman siswa dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran make a match sedangkan sisanya sebesar 46% dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan berdasarkan bukti dan hasil penelitian diatas hipotesis penelitian dapat teruji. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada sekolah agar memberikan fasilitas yang dapat membantu guru meningkatkan pemahaman siswa, saran kepada guru ekonomi agar menciptakan suasana belajar yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Saran kepada peneliti selanjutnya agar meneliti terhadap tahap faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman siswa pada kelas yang berbeda. Kata Kunci: Make a match, Pemahaman Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2017 04:33
Last Modified: 19 Sep 2017 04:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29809

Actions (login required)

View Item View Item