PEMBELAJARAN MENDEMONSTRASIKAN SEBUAH NASKAH DRAMA BERORIENTASI PADA NILAI KEARIFAN LOKAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DRAMATIC LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMK PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

NINA HERDIANA, 135030095 (2017) PEMBELAJARAN MENDEMONSTRASIKAN SEBUAH NASKAH DRAMA BERORIENTASI PADA NILAI KEARIFAN LOKAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DRAMATIC LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMK PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA, INGGRIS, SUNDA.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Berbicara merupakan aspek penting dalam proses komunikasi. Semua siswa tentu memiliki potensi berbicara, termasuk mendemonstrasikan naskah drama. Penulis melakukan penelitian pembelajaran mendemonstrasikan sebuah naskah drama berorientasi pada nilai kearifan lokal dengan menggunakan model dramatic learning pada siswa kelas XI SMK Pasundan 4 Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (a) Apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mendemonstrasikan sebuah naskah drama berorientasi pada nilai kearifan lokal dengan menggunakan model Dramatic Learning pada peserta didik kelas XI SMK Pasundan 4 Bandung?; (b) Apakah peserta didik kelas XI SMK Pasundan 4 Bandung dapat melaksanakan pembelajaran mendemonstrasikan sebuah naskah drama berorientasi pada nilai kearifan lokal dengan menggunakan model Dramatic Learning?; (c) Apakah model Dramatic Learning efektif diterapkan dalam pembelajaran mendemonstrasikan sebuah naskah drama berorientasi pada nilai kearifan lokal pada peserta didik kelas XI SMK Pasundan 4 Bandung? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen kuasi. Adapun hasil penelitiannya, yaitu: (a) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mendemonstrasikan naskah drama dengan menggunakan model dramatic learning pada siswa kelas XI SMK Pasundan 4 Bandung; (b) Siswa Kelas XI MP1 SMK Pasundan 4 Bandung mampu mendemonstrasikan naskah drama dengan menggunakan model dramatic learning; (c) Model dramatic learning efektif digunakan dalam pembelajaran mendemonstrasikan naskah drama. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar 11,7, ttabel 2,04 pada tingkat kepercayaan 95% dan db sebesar 29. Berdasarkan data hasil penelitian di atas, maka disimpulkan bahwa kegiatan hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima. Kata Kunci: dramatic learning, mendemonstrasikan, naskah drama, pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2017 03:25
Last Modified: 19 Sep 2017 03:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29792

Actions (login required)

View Item View Item