NINA HERDIANA, 135030095 (2017) PEMBELAJARAN MENDEMONSTRASIKAN SEBUAH NASKAH DRAMA BERORIENTASI PADA NILAI KEARIFAN LOKAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DRAMATIC LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMK PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA, INGGRIS, SUNDA.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (304kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Berbicara merupakan aspek penting dalam proses komunikasi. Semua siswa tentu memiliki potensi berbicara, termasuk mendemonstrasikan naskah drama. Penulis melakukan penelitian pembelajaran mendemonstrasikan sebuah naskah drama berorientasi pada nilai kearifan lokal dengan menggunakan model dramatic learning pada siswa kelas XI SMK Pasundan 4 Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (a) Apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mendemonstrasikan sebuah naskah drama berorientasi pada nilai kearifan lokal dengan menggunakan model Dramatic Learning pada peserta didik kelas XI SMK Pasundan 4 Bandung?; (b) Apakah peserta didik kelas XI SMK Pasundan 4 Bandung dapat melaksanakan pembelajaran mendemonstrasikan sebuah naskah drama berorientasi pada nilai kearifan lokal dengan menggunakan model Dramatic Learning?; (c) Apakah model Dramatic Learning efektif diterapkan dalam pembelajaran mendemonstrasikan sebuah naskah drama berorientasi pada nilai kearifan lokal pada peserta didik kelas XI SMK Pasundan 4 Bandung? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen kuasi. Adapun hasil penelitiannya, yaitu: (a) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mendemonstrasikan naskah drama dengan menggunakan model dramatic learning pada siswa kelas XI SMK Pasundan 4 Bandung; (b) Siswa Kelas XI MP1 SMK Pasundan 4 Bandung mampu mendemonstrasikan naskah drama dengan menggunakan model dramatic learning; (c) Model dramatic learning efektif digunakan dalam pembelajaran mendemonstrasikan naskah drama. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar 11,7, ttabel 2,04 pada tingkat kepercayaan 95% dan db sebesar 29. Berdasarkan data hasil penelitian di atas, maka disimpulkan bahwa kegiatan hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima. Kata Kunci: dramatic learning, mendemonstrasikan, naskah drama, pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 03:25 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 03:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29792 |
Actions (login required)
View Item |