NORSIBNU HERLEY, 135050001 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
Cover.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (453kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (149kB) | Preview |
Abstract
Norsibnu Herley (2017), Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Dan Self-Efficacy Siswa Sma Peranan matematika sangat penting dalam pendidikan, karena matematika merupakan ratu ilmu. Dan salah satu aspek yang perlu dikembangkan yaitu kemampuan penalaran matematis. Namun kemampuan penalaran matematis siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena proses belajar siswa jarang melakukan penalaran terhadap pembelajaran dan materi-materi yang diberikan. Sehingga akan berpengaruh terhadapat kemampuan Self-efficacy siswa. Penggunaan model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan penalaran matematis dan Self-efficacy siswa salah satunya yaitu model pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap pengaruh kemampuan penalaran matematis dan Self-efficacy siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok kontrol pretest-postest. Populasi yang digunakana dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 13 Bandung. Sampel yang dipilih dalam penelitiah ini adalah siswa kelas XI Mipa 7 sebagai kelas Eksperimen dan siswa kelas XI Mipa 6 sebagai kelas Kontrol yang dipilih secara acak. Untuk masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan penalaran matematis dan Self-efficacy siswa sma. instrumen yang dilakukan untuk pengumpulan data menggunakan tes kemampuan penalaran matematis dan Self-efficacy siswa. Data tes kemampuan penalaran matematis dan Self-efficacy siswa menggunakan uji normalitas. Uji homogenitas dan uji indepent sample t-test. Dan untuk data angket Self-efficacy diubah menajdi data interval kemudian dianalisis menggunakan menggunakan uji normalitas. Uji homogenitas dan uji indepent sample t-test. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penalaran matematis dan Self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem-Based Learning. Dengan demikian model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif guru dalam melaksanakan pembelajaran dikelas. Kata kunci : Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Kemampuan penalaran matematis, Self-efficacy, Model Pembelajaran Problem-Based Learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 02:51 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 02:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29780 |
Actions (login required)
View Item |