PENERAPAN LEARNING LOG CLASS SEBAGAI ASESMEN ALTERNATIF UNTUK MENDIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI

INTAN SITI HAFIFAH, 135040126 (2017) PENERAPAN LEARNING LOG CLASS SEBAGAI ASESMEN ALTERNATIF UNTUK MENDIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak. Abstract. Ringkesan docx.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Intan Siti Hafifah. 2017. Penerapan Learning Log Class sebagai Asesmen Alternantif untuk Mendiagnosis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Sistem Koordinasi. Pembimbing 1. Dr. Cartono, M.Pd., M.T. Pembimbing 2. drh. Nia Nurdiani, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dan menghasilkan perangkat penilaian learning log class untuk mendiagnosis kesulitan tersebut, serta menggali kelebihan dan kendala penerapan perangkat yang dihasilkan. Sampel penelitian ini adalah 19 orang siswa kelas XI MIPA 2 SMA Pasundan 2 Bandung yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan rendahnya hasil belajar, serta seorang guru biologi di kelas tersebut. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa pengisian intrumen learning log class dan wawancara. Kelebihan perangkat penilaian diukur berdasarkan bobot pertanyaan, daya tarik serta manfaat bagi guru dan siswa. Kendala diukur melalui aspek waktu, biaya, dan pertanyaan. Data dianalisis menggunakan statistika deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa 84% siswa mengalami kesulitan dalam mengejakan soal-soal pada learning log class. Tanggapan guru terhadap instrumen positif. Kelebihan perangkat penilaian ini adalah bobot pertanyaan sesuai dengan tuntutan kurikulum, desain bagus, mampu mengukur pemahaman siswa, sumber informasi kesulitan belajar serta media refleksi siswa. Kendala yang dihadapi adalah diperlukan waktu lapang, biaya produksi mahal, dan efisiensi pertanyaan. Dengan demikian learning log class dapat digunakan sebagai asesmen alternatif untuk mendiagnsosis kesulitan belajar siswa dengan respon positif dari guru. Dalam penerapannya disarankan agar learning log class dikembangkan secara lebih efisien. Kata Kunci—Asesmen Alternatif, Learning Log Class, Kesulitan Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:17
Last Modified: 19 Sep 2017 02:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29770

Actions (login required)

View Item View Item