PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI DEBAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEBAT AKTIF DI KELAS X SMAN 1 PARONGPONG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

VELIANA NURYSAMSIAH, 135030079 (2017) PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI DEBAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEBAT AKTIF DI KELAS X SMAN 1 PARONGPONG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB 1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab 2.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB 3.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Metode Debat aktif merupakan metode yang dapat digunakan untuk mengajarkan sebuah pembelajaran pada sekolah menengah. Berkaitan dengan penjelasan di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran Menganalisis Isi Debat dengan Menggunakan Metode Debat Aktif di Kelas X SMA Negeri 1 Parongpong Tahun Pelajaran 2016/2017. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah sebagai berikut. 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis isi debat dengan menggunakan model debat aktif di kelas X SMAN 1 Parongpong tahun pelajaran 2016/2017? 2) Mampukah peserta didik kelas X SMAN 1 menganalisis isi debat dengan menggunakan model debat aktif? 3) Efektifkah model debat aktif digunakan dalam pembelajaran menganalisis isi debat pada peserta didik kelas X SMAN 1 Parongpong?. Penelitian ini terdiri dari 34 peserta didik yang merupakan peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Parongpong. Berdasarkan rumusan masalah yang telah penulis buat, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencapai keberhasilan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran yang dilakukan; mengetahui kemampuan siswa kelas X dalam pembelajaran; serta efektifnya model pembelajaran yang digunakan. Metode penelitian yang penulis gunakan a dalah metode eksperimen, dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya adalah penilaian perencanaan pembelajaran sebesar , 3,9 dan nilai pelekasanaan pembelajaran adalah 3,9. Sementara untuk hasil rata-rata pretes sebesar 26,60 dan rata-rata postes sebesar 93,80 dengan selisih nilai 67,20. Hal tersebut membuktikan bahwa siswa kelas X SMA Negeri 1 Parongpong Tahun Pelajaran 2016/2017, mampu menganalisis isi debat dengan menggunakan metode debat aktif. Dalam hal ini, dari hasil perhitungan statistik dan hasil perhitungan taraf signifikan pun diketahui bahwa thitung > ttabel , yaitu 41,37 > 32,175. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan nilai pretes ke postes dengan menggunakan metode Debat Aktif. Berdasarkan data di atas, penulis menyimpulkan bahwa penelitian pembelajaran menganalisis isi debat di kelas X SMA Negeri 1 Parongpong telah dilaksanakan dan berhasil dengan baik. Kata kunci: Pembelajaran, menganalisis, isi debat, metode debat aktif.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2017 01:49
Last Modified: 19 Sep 2017 01:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29766

Actions (login required)

View Item View Item