MUHAMMAD REGI RIZQI FAUZI, 135030066 (2017) PEMBELAJARAN MENYUSUN BAGIAN-BAGIAN PENTING DARI PERMASALAHAN AKTUAL SEBAGAI BAHAN CERMAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE PETA PIKIRAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 CILILIN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
01. COVER.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
06. ABSTRAK 3 BAHASA.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB III.pdf Download (514kB) | Preview |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) | Preview |
Abstract
Judul dari penelitian ini adalah “Pembelajaran Menyusun Bagian-Bagian Penting dari Permasalahan Aktual sebagai Bahan Ceramah Dengan Menggunakan Metode Peta Pikiran Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Cililin Tahun Pelajaran 2016/2017”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) apakah peneliti mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk membuat teks ceramah menggunakan metode peta pikiran pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Cililin tahun pelajaran 2016/2017? 2) apakah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Cililin mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan uuntuk membuat teks ceramah? 3) apakah metode Peta Pikiran efektif diterapkan dalam pembelajaran menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk membuat teks ceramah terhadap peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Cililin?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan jenis eksperimen kuasi dengan desain the one group pretest-postest. Populasi penelitian ini terdiri dari 36 siswa yang merupakan siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Cililin. Pengumpulan data berupa hasil tes belajar yang dilaksanakan sebelum dan setelah proses pembelajaran (pretes dan postes). Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut; 1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk membuat teks ceramah menggunakan metode Peta Pikiran. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,56. 2) siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Cililin mampu melaksanakan pembelajaran menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk membuat teks ceramah menggunakan metode Peta Pikiran. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata pretes 34,63 dan nilai rata-rata postes 75. Jadi, ada peningkatan sebesar 40,37. Perolehan dari nilai rata-rata sikap yaitu sebesar 3,2 dengan kategori nilai baik (B). 3) metode peta pikiran efektif digunakan dalam pembelajaran menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan ceramah di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Cililin. Hal ini terbukti berdasarkan hasil uji statistik thitung > ttabel, yakni 20,49 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 20. Berdasarkan data penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan ceramah dengan menggunakan metode peta pikiran pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cililin terlaksana dengan baik dan berhasil. Kata Kunci: menyusun ceramah, permasalahan aktual, peta pikiran.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 01:32 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 01:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29764 |
Actions (login required)
View Item |