REVA RAHAYU, 135050078 (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) TIPE INDEX CARD MATCH. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
7.ABSTRACT INGGRIS.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
10.BAB I.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
11.BAB II.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
12.BAB III.pdf Download (434kB) | Preview |
|
Text
13.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) |
||
Text
15.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) | Preview |
Abstract
Reva Rahayu (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Disposisi Matematis Siswa SMP Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Tipe Index Card Match. Matematika sebagai salah satu bagian dari keseluruhan proses pendidikan di sekolah memiliki peranan penting dalam upaya meningkatkan kemampuan matematika siswa. Dalam hal ini, masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kemampuan pemahaman dan disposisi matematis pada siswa masih tergolong rendah. Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mengingat dan memahami konsep matematis. Sampai saat ini masih banyak juga siswa yang mengatakan bahwa matematika adalah salah satu pelajaran yang sulit dan menakutkan. Selain itu Disposisi matematis haruslah ditanam dan ditumbuhkembangkan dalam diri siswa, karena melihat peranan disposisi matematis dalam pembelajaran matematika sangatlah penting, karena Siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi akan bertindak dan berfikir secara positif terhadap matematika. Maka salah salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menerapkan strategi pembelajaran yang dinilai efektif dalam menunjang pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP yang menggunakan strategi pembelajaran aktif (Active Learning) tipe Index Card Match (ICM) lebih baik daripada siswa SMP yang memperoleh pembelajaran Konvensional, serta untuk mengetahui disposisi matematis siswa SMP yang menggunakan strategi pembelajaran aktif (Active Learnig) tipe Index Card Match (ICM) lebih baik daripada siswa SMP yang memperoleh pembelajaran Konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP Pasundan 2 Cimahi tahun ajaran 2016/2017. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Cimahi yang dipilih secara acak menurut kelas. Terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, kelas eksperimen belajar dengan strategi pembelajaran aktif (Active Learning) tipe Index Card Match (ICM) sedangkan kelas kontrol belajar dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemahaman matematis yang berbentuk uraian, serta skala disposisi matematis yang telah diuji cobakan instrumennya dan hasilnya semua signifikan. Data dianalisis dengan menggunakan program IBM SPSS Statistic 23.0 for Windows. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif (Active Learning) tipe Index Card Match (ICM) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, serta disposisi matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif (Active Learning) tipe Index Card Match (ICM) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata kunci : Index Card Match (ICM), kemampuan pemahaman dan disposisi matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 08:47 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 08:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29350 |
Actions (login required)
View Item |