EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI

Windy Ayu Karunia, 135040110 (2017) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (866kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA fix.pdf

Download (206kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penggunaan multimedia interaktif berbasis game based learning pada materi sistem reproduksi efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa; (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis game based learning pada materi sistem reproduksi; (3) mendeskripsikan minat belajar siswa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis game based learning pada materi sistem reproduksi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen one group pretest posttest design. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 3 SMAN 1 Parongpong tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 37 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes objektif multiple choice, angket minat siswa, lembar aktivitas siswa, angket tanggapan siswa, angket tanggapan guru, dan angket tanggapan ahli. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dengan Chi kuadrat, uji homogenitas (uji f), uji hipotesis (uji t) dan indeks gain. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh kesimpulan: (1) Multimedia interaktif berbasis game based learning efektif meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa pada materi sistem reproduksi di SMAN 1 Parongpong; (2) pembelajaran di SMAN 1 Parongpong selama ini masih berpusat pada guru, fasilitas media untuk pembelajaran di sekolah sudah tersedia tet api guru jarang menggunakannya, hasil belajar siswa tidak mencapai KKM, pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis game based setelah learning meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi, artinya hasil belajara siswa mencapai KKM; (3) penggunaan multimedia interaktif berbasis game based learning dapat meningkatkan minat belajar siswa, 24 siswa dari 37 siswa memiliki minat yang baik terhadap pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berbasis game based learning dan sisanya adalah memiliki nilai yang cukup. Kata kunci: hasil belajar, minat belajar, multimedia interaktif berbasis game based learning, sistem reproduksi manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 14 Sep 2017 08:30
Last Modified: 14 Sep 2017 08:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29263

Actions (login required)

View Item View Item