PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DENGAN SUBTEMA PERUBAHAN RUPA BUMI (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SDN Cipaku 2 Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung)

Rindi Ismiraj, 135060166 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DENGAN SUBTEMA PERUBAHAN RUPA BUMI (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SDN Cipaku 2 Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (922kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap disiplin dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model discovery learning pada subtema perubahan rupa bumi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Cipaku 2 dan dilatar belakangi kegiatan pembelajaran subtema perubahan rupa bumi yang dilakukan kurang bermakna bagi siswa sehingga siswa mudah lupa materi yang telah disampaikan oleh guru serta penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik dan kurangnya penggunaan media menyebabkan anak kurang disiplin terhadap pembelajaran subtema tersebut. Pada akhirnya hasil pembelajaran pada subtema perubahan rupa bumi masih tergolong rendah dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran discovery learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, lembar observasi, hasil wawancara observer dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian sikap disiplin dan hasil tes belajar. Pada penilaian sikap disiplin nilai rata-rata siklus I yaitu 2,6 sedangkan siklus II mencapai nilai rata-rata 2,8 dan pada siklus III mencapai nilai rata-rata 3,1. Hasil belajar siklus I pada pretes nilai rata-rata yaitu 61 sedangkan post tes nilai rata-ratanya 73, hasil belajar siklus II pada pretes nilai rata-ratanya 66 sedangkan pada post tes nilai rata-ratanya 76 dan hasil belajar pada siklus III pada pretest nilai rata-rata yaitu 69 sedangkan post tes nilai rata-ratanya 81 . Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan sikap disiplin dan hasil belajar siswa pada subtema perubahan rupa bumi di kelas III SDN Cipaku 2. Kata kunci: discovery learning, sikap disiplin, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Sep 2017 07:09
Last Modified: 12 Sep 2017 07:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29198

Actions (login required)

View Item View Item