PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Pada SubTema Manusia dan Lingkungan Tema Lingkungan Sahabat Kita Pada Siswa kelas V SDN Pasir Halang 1 Kabupaten Bandung Barat Tahun Ajaran 2016-2017)

Siti Azizah Muhammad Natsier, 135060201 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Pada SubTema Manusia dan Lingkungan Tema Lingkungan Sahabat Kita Pada Siswa kelas V SDN Pasir Halang 1 Kabupaten Bandung Barat Tahun Ajaran 2016-2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 ZZ (Autosaved).pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 otw.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3 otw.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text
bab 4 otw.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
BAB V Bismillah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA GABUNGAN.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning yang dilatar belakangi oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional. Permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan pembelajaran yang dilakukan yang mengakibatkan kurangnya sikap kerjasama, cermat dan percaya diri dan hasil belajar siswa dibawah KKM 75. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas akan memberikan kesempatan guru menerapkan strategi pembelajaran yang tetap. Subjek tindakan adalah siswa kelas V SDN Pasirhalang 1 yang berjumlah 16 orang. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, tes, dan lembar observasi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, yang setiap siklusnyameliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, oobservasi, analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat menumbuhkan sikap kerjasama, cermat dan percaya diri serta meningkatkan hasil belajar siswa yang berdampak langsung pada prestasi belajar siswa kelas V SDN Pasirhalang 1. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang ada peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat sebanyak 31,25%, pada siklus II data hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 74,06% dan pada siklus III data hasil belajar siswa sebanyak 93,75%. Hal ini dikerenakan peggunaan model pembelajaran discovery learning dapat dijadikan suatu alternatif pemecahan masalah pembelajaran, karena model pembelajaran ini menguutamakan proses penemuan untuk memperoleh suatu pengetahuan dan memiliki tahap-tahap yang melatih kemampuan siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Kata kunci: Discovery Learning, hasil belajar, kerjasama, cermat, percaya diri.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Sep 2017 06:49
Last Modified: 12 Sep 2017 06:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29196

Actions (login required)

View Item View Item