PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI LEGENDA TANGKUBAN PERAHU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ARTIKULASI DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ANI KANIA, 135030031 (2017) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI LEGENDA TANGKUBAN PERAHU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ARTIKULASI DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Mengidentifikasi informasi legenda Tangkuban Perahu adalah salah satu pembelajaran yang melatih peserta didik dalam proses membaca efektif dan pengembangan kreativitas dalam berpikir kirtis. Perkembangan globalisasi yang pesat menjadikan turununnya nilai moral pada generasi muda. Cerita legenda merupakan jenis cerita rakyat yang mengangkat asal-usul suatu daerah atau tempat. Pengenalan cerita legenda di sekolah umumnya hanya membaca dan medengarkan materi yang disampakan oleh guru sehingga membuat suasana belajar menjadi membosankan. Padahal materi legenda ini sangat menarik untuk dipelajari. Cerita legenda merupakan warisan nenek moyang yang perlu diperkenalkan dan dipertahankan kepada generasi muda. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode pre-ekpsrimental dengan bentuk one-group pretes-postes design. Adapun hasil penelitiannya yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi informasi legenda Tangkuban Perahu dengan menggunakan model artikulasi di kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandung. Hal ini terbukti berdasarkan hasil nilai perencanaan 3,9 dan pelaksanaan sebesar 3,8; 2) Peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandung mampu mengidentifikasi informasi legenda Tangkuban Perahu dengan baik. Hal ini terbukti dengan adanya perubahan pretes ke postes yaitu dengan selisih 49. 3) Model artikulasi efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi legenda Tangkuban Perahu di kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t_hitung > t_tabel yakni 37,59 > 29,1 pada tingkat keparcayaan 95%, dan derajat kebebasan sebesar 30. Berdasarkan fakta tersebut, penulis simpulkan bahwa pembelajaran mengidentifikasi informasi legenda Tangkuban Perahu dengan menggunakan model artikulasi di kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandung telah berhasil. Kata kunci: mengidentifikasi, model, artikulasi, informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Sep 2017 04:01
Last Modified: 12 Sep 2017 04:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29194

Actions (login required)

View Item View Item