PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI SUASANA, TEMA, DAN MAKNA PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DI KELAS X SMA BINA DHARMA 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Ucu Cantika, 135030121 (2017) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI SUASANA, TEMA, DAN MAKNA PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DI KELAS X SMA BINA DHARMA 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB II KAJIAN TEORI REVISI.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text
11 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN REVISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12 BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Puisi adalah salah satu bentuk sebuah karya seni sastra yang dapat dikaji dari bermacam-macam aspeknya. Audiovisual adalah media pembelajaran yang mengaitkan penglihatan dan pendengaran. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian mengenai “Pembelajaran Mengidentifikasi Suasana, Tema, dan Makna Puisi dengan Menggunakan Media Audiovisual di Kelas X SMA Bina Dharma 2 Bandung”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi suasana, tema, dan makna puisi dengan menggunakan media audiovisual di kelas X SMA Bina Dharma 2 Bandung?; 2) Mampukah siswa kelas X SMA Bina Dharma 2 Bandung dalam mengidentifikasi suasana, tema, dan makna puisi dengan tepat?; 3) Efektifkah media audiovisual digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi suasana, tema, dan makna puisi?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan peserta didik, dan ketepatan media audiovisual dalam pembelajaran mengidentifikasi suasana, tema, dan makna puisi di kelas X SMA Bina Dharma 2 Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode ekperimen dengan teknik penelitian observasi, telaah pustaka, uji coba, tes, dan analisis data. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi suasana, tema, dan makna puisi dengan menggunakan media audiovisual di kelas X SMA Bina Dharma 2 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3,6 dan pelaksanaan sebesar 3,63. 2) Siswa kelas X SMA Bina Dharma 2 Bandung tahun pelajaran 2016/2017 mampu mengiden-tifikasi suasana, tema, dan makna puisi dengan tepat. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes yaitu 55,9, dan nilai rata-rata postes yaitu 90,4. Jadi, ada peningkatan sebesar 34,5 atau setara dengan 86,25%. 3) Media audiovisual efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi suasana, tema, dan makna puisi di kelas X SMA Bina Dharma 2 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t_hitung sebesar 4,90,≥ t_tabel sebesar 2,41 yakni pada tingkat kepercayaan 95%, dan d.b sebesar 24. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua yang penulis rumuskan dalam penelitian ini berhasil. Kata kunci: pembelajaran, mengidentifikasi suasana, tema, dan makna puisi, audiovisual.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Sep 2017 03:24
Last Modified: 12 Sep 2017 03:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29192

Actions (login required)

View Item View Item