YUSUP SUMIRAT, 135060045 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN KELAS V SDN MARGASARI 1 (Penelitian Tindakan Kelas Tema 9 Lingkungan sahabat kitaSubtema 1 Manusia dan Lingkungan di Kelas V SDN Margasari 01 Kecamatan Buah batu Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER .pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
abtrak 1.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
abtrak 3.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
abtrak 2.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (642kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi hasil observasi awal penelitian di kelas IV SDN Margasari 1, di temukan beberapa masalah pada proses pembelajaran siswa.salah satunya dalam proses pembelajaran pada subtema manusia dan lingkungan dapat terungkap kurangnya hasil belajar siswa terhadap pembelajaran, karena siswa pada pembelajaran tidak fokus dan cenderung siswa melihat seorang guru menjelaskan materi pembelajaran karena gurunya menggunakan metode ceramah ketika pembelajaran berlangsung siswa mudah bosan,siswa cenderung ngobrol dengan teman sebangkunya dan siswa tidak aktip dalam proses pembelajaranya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada subtema manusia dan lingkungan dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas V Sekolah Dasar Negeri Margasari 1 Bandung yang berjumlah 36 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah (PTK) penelitian tindakan kelas, skor yang dikumpulkan data skor kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran,data skor kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, data nilai hasil belajar siswa. Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah teknik observasi langsung, alat pengumpul data pada observasi langsung adalah tes tertulis pretest, postes dan penilaian kemampuan hasil belajar. Hasil penelitian skor kemampuan guru merencakan pembelajaran pada siklus I adalah 3.0, sedangkan pada siklus II adalah 3.4 dan pada siklus III adalah 3.7. Skor kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I adalah 3.0 sedangkan pada siklus II adalah 3.46 dan pada siklus III adalah 3.73. Nilai hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pretes siklus I adalah 33% dan nilai postes 36% sedangkan nilai hasil belajar peserta didik pada siklus II adalah nilai preetes 50 % dan nilai postes68% dan nilai hasil belajar pada siklus III adalah nilai preetes 89% dan nilai postes 92% . Sedangkan penilaian sikap peserta didik pada siklus I adalah 57,63% dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 61.1% sedangkan pada siklus III menjadi lebih meningkat 87,32 . Dapat disimpulkan bahwa pada materi subtema manusia dan lingkungan dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Peserta didik kelas V SDN Margasari 1. Kata kunci: Problem Based Learning dan Hasil Belajar,
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 08:36 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 08:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29185 |
Actions (login required)
View Item |