PEMBELAJARAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN MEMPERHATIKAN STRUKTUR TEKS, KEBAHASAAN DAN ISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Luthfiana Wulandari, 135030119 (2017) PEMBELAJARAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN MEMPERHATIKAN STRUKTUR TEKS, KEBAHASAAN DAN ISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover Skipsi.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (Indonesia, Inggris dan Sunda).pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menulis membutuhkan berbagai aspek keterampilan, di antaranya keterampilan membaca, keterampilan menyimak, keterampilan menulis dan keterampilan berbicara. Pembelajaran menulis surat pribadi merupakan bagian dari keterampilan menulis. Sehubungan dengan itu penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “Pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan dan isi dengan menggunakan metode cooperative learning pada Siswa Kelas VII SMPN 14 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017.” Rumusan masalah yang diajukan penulis adalah: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan dan isi dengan menggunakan model think pair and share pada peserta didik kelas VII SMPN 14 Bandung?; 2) Mampukah peserta didik kelas VII SMPN 14 Bandung mengikuti pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur teks, ke-bahasaan dan isi dengan tepat?; 3) Efektifkah model think pair and share digunakan dalam pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan dan isi pada siswa kelas VII SMPN 14 Bandung?. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan dan isi dengan menggunakan metode cooperative learning pada siswa kelas VII SMPN 14 Bandung; 2) Siswa kelas VII SMPN 14 Bandung mampu menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan dan isi secara tepat; 3) Model cooperative learning efektif digunakan dalam pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan dan isi pada siswa kelas VII SMPN 14 Bandung. Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis sebagai berikut. a. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan dan isi dengan menggunakan metode cooperative learning pada siswa kelas VII SMPN 14 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan sebesar 3,6 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,4 dengan kategori baik. b. Siswa kelas VII SMPN 14 Bandung mampu menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan dan isi dengan benar. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar ... dan nilai rata-rata postes sebesar .... Peningkatannya sebesar .... c. Model cooperative learning efektif digunakan dalam pembelajaran menulis surat pribadi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar ..., ttabel sebesar ... pada tingkat kepercayaan 95%, dan db sebesar 34. Dengan demikian, penulis menyimpulkan pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan dan isi dengan menggunakan metode cooperative learning berhasil dengan baik. Kata kunci : Pembelajaran, keterampilan menulis, surat pribadi, metode cooperative learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 09 Sep 2017 04:53
Last Modified: 09 Sep 2017 04:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29126

Actions (login required)

View Item View Item