Rima Yunita, 135030025 (2017) PEMBELAJARAN MENGINTERPRETASI ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERDASARKAN INTERPRETASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS X SMK BINA INSAN BANGSA NGAMPRAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
16 sampul.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
5 ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
6 ABSTRAK INGGRIS.docx.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTRAK SUNDA.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (455kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi bertujuan agar peserta didik menggali kemampuan membaca secara cermat dan teliti. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah: (1) Mampukah penulis me-rencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi dengan menggunakan model contexstual teaching and learning di kelas X SMK Bina Insan Bangsa Ngamprah?; (2) Mampukah peserta didik kelas X SMK Bina Insan Bangsa Ngamprah menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi dengan tepat?; dan (3) Efektifkah model contexstual teaching and learning digunakan dalam pembelajaran menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi pada siswa kelas X SMK Bina Insan Bangsa Ngamprah? Adapun simpulan dari penelitian ini sebagai berikut. (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi dengan model contexstual teaching and learning pada peserta didik kelas X SMK Bina Insan Bangsa Ngamprah. Hal ini terbukti berdasarkan hasil penilaian perencanaan rata-rata 3,89 dan hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran rata-rata 3,71. Adapun hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran 3,80 dengan kategori nilai baik sekali. (2) Peserta didik kelas X SMK Bina Insan Bangsa Ngamprah, telah mampu menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi dengan tepat. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi sikap peserta didik serta hasil penilian pretes dan postes peserta didik. Nilai rata-rata sikap yaitu sebesar 3,6 dengan kategori sangat baik. Nilai rata-rata pretes yaitu 45,9 sedangkan nilai rata-rata postes 77,6. Jadi, selisih nilai rata-rata pretes dan postes yaitu 31,8. Hasil ini membuktikan bahwa kemampuan peserta didik kelas X TKJ-4 SMK Bina Insan Bangsa Ngamprah mengalami peningkatan. (3) Model contexstual teaching and learning efektif digunakan dalam pembelajaran menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi pada peserta didik kelas X SMK Bina Insan Bangsa Ngamprah. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik thitung > ttabel (16,7 > 2,06) pada tingkat kepercayaan 95% dan db sebesar 25. Dengan demikian, model contexstual teaching and learning efektif digunakan dalam pembelajaran menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi pada peserta didik kelas X SMK Bina Insan Bangsa Ngamprah. Kata kunci: Membaca, Teks Laporan Hasil Observasi, dan Model Contexstual Teaching and Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 09 Sep 2017 02:19 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 02:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29121 |
Actions (login required)
View Item |