“PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU” (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas IV semester 2 SDN 063 Kebon Gedang Kota Bandung)

Willy Agustian, 135060014 (2017) “PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU” (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas IV semester 2 SDN 063 Kebon Gedang Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di SDN 063 Kebon Gedang Bandung khususnya di kelas IV pada pembelajaran subtema keunikan daerah tempat tinggalku dengan menggunakan model pembelajaran group investigation. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya temuan masalah yang ditemui oleh peneliti pada saat melaksanakan observasi. Permasalahan tersebut yaitu adanya penurunan motivasi belajar siswa sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menurun yang menyebabkan 60% siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan. Permasalahan ini muncul karena guru masih menggunakan model pembelajaran yang ada dengan kurang optimal dan guru kurang memberi kesempatan siswa terlibat dalam pembelajaran yang menyebabkan motivasi belajar siswa menjadi rendah. Prosedur penelitian yang digunakan berbentuk tiga siklus dan masing-masing siklus dilakukan melaui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pre test dan post test, adapun alat pengumpulan data yang digunakan adalah instumen soal dan lembar observasi. hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari presentase rata rata kinerja guru pada siklus I 78.75%, siklus II 84.50% , siklus III 87.50%. Dan presentase rata-rata motivasi siswa pada siklus I 76.62% dengan kategori baik, siklus II 80.99% dengan kategori baik, siklus III 82.73% dengan kategori sangat baik. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siklus I yaitu 17 siswa 70.83%, terjadi peningkatan pada siklus ke II yaitu 19 orang siswa 79.16% dan pada siklus III meningkat menjadi 21 siswa 87.50%. berdasarkan dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model group investigation dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran subtema keunikan daerah tempat tinggalku kelas IV SDN 06 Kebon Gedang Bandung Kata Kunci : Motivasi. Hasil Belajar Siswa. Model Group Investigation (GI).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Sep 2017 08:43
Last Modified: 08 Sep 2017 08:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29120

Actions (login required)

View Item View Item