Eka Sri Lestari, 135040081 (2017) PENGGUNAAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PROSEDURAL SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM EKSKRESI. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Pendahuluan.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Kajian Teori dan Kerangka Pemikiran.pdf Download (798kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Metode Penelitian.pdf Download (552kB) | Preview |
|
Text
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
||
Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya pengetahuan prosedural siswa kelas XI IPA 1 SMA Kemala Bhayangkari terhadap pokok bahasan sistem ekskresi yang disebabkan antara lain oleh keterbatasan alat dan bahan praktikum, sehingga siswa sulit untuk memahami pesan materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan prosedural siswa sebelum dan setelah menggunakan media laboratorium virtual pada pokok bahasan sistem ekskresi di SMA Kemala Bhayangkari. Metode penelitian yang dipilih dalam melaksanakan penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design. Jenis Pre-Experimental Design yang dipilih yaitu One Group Pret-test Post-test Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Kemala Bhayangkari dan sampel penelitian ini yang juga merupakan kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes yang mengukur kemampuan kognitif berupa 20 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan pencapaian indikator pembelajaran yang telah diujicobakan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest sebesar 47,8 dengan nilai terendah 30 dan nilai tertinggi 60. Sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 87,8 dengan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 100. Rata-rata indeks nilai N-Gain sebesar 0,77 sedangkan hasil uji t yaitu thit > ttab yaitu 13,24 > 2,71. Berdasarkan data tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengetahuan awal siswa (pretest) dan pengetahuan akhir siswa (posttest) menunjukkan perbedaan yang signifikan (berbeda nyata). Dengan perolehan data tersebut, terlihat bahwa pengetahuan prosedural siswa pada pokok bahasan sistem ekskresi dapat meningkat dengan pembelajaran menggunakan media laboratorium virtual. Kata kunci: Media Laboratorium Virtual, Pengetahuan Prosedural, Pokok Bahasan Sistem Ekskresi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 04:51 |
Last Modified: | 06 Sep 2017 04:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29086 |
Actions (login required)
View Item |