UPAYA MENINGKATKAN CARA BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA

INEU EKAWATI, 135060309 (2017) UPAYA MENINGKATKAN CARA BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 130 Sekelimus Bandung dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 20 orang penelitian ini didasari oleh kondisi pembelajaran tematik yang kurang.Siswa cenderung kurang berminat dalam belajar,kurang kerjasama antar siswa,kurang kreatifitas guru dalam memilih metode dan media pembelajaran, proses belajar berpusat pada guru, berpikir kritis siswa yang masih rendah dan hasil belajar didalam proses pembelajaran yang masih banyak dibawah KKM.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan cara berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di indonesia melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan terdiri 3 siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan dengan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan , observasi atau pengamatan dan refleksi, dengan tujuan memperbaiki kualitas pembelajaran agar diperoleh hasil belajar yang optimal. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh hasil berpikir kritis siswa pada siklus I yaitu 35%, pada siklus II yaitu 65% dan peningkatan berpikir kritis siswa pada siklus III yaitu 90%.Untuk hasil belajar siswa memperoleh data pada siklus I sebanyak 10 orang yang tuntas dengan persentase 50%, pada siklus II sebanyak 15 orang yang tuntas dengan persentase 75%, dan pada siklus III sebanyak 19 orang yang tuntas dengan persentase 95%. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan cara berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di indonesia dikelas IV SDN 130 Sekelimus Bandung. Dengan demikian, penggunaan model problem based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik dengan pokok bahasan yang laiinnya Kata Kunci: Problem Based Learning, Berpikir kritis,hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2017 08:07
Last Modified: 05 Sep 2017 08:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29081

Actions (login required)

View Item View Item