HESTY APRIANTY, 135020031 (2017) PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMAN 2 PADALARANG (Sub Tema Koperasi Kelas X IIS 4 SMAN 2 Padalarang Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
JUDUL.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (319kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (814kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul pengaruh sistem pembelajaran kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMAN 2 Padalarang (sub tema koperasi kelas X IIS 4 SMAN 2 Padalarang tahun ajaran 2016/2017). Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan dan berapa besar pengaruh sistem pembelajaran kurikulum 2013 terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sub tema koperasi kelas X di SMAN 2 Padalarang. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan asosiatif kausal. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 4 di SMAN 2 Padalarang tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan: terdapat pengaruh rendah antara variabel x dan variabel y sebesar 0,405 atau 40,5%. Untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel x dan variabel y maka digunakan analisis regresi linier sedehana dengan hasil perhitungan sebagai berikut: Y = -20,314 + 1,230 X artinya bahwa setiap pembelajaran dengan menggunakan sistem pembelajaran kurikulum 2013 bertambah -20,314 maka hasil belajar siswa meningkat sebesar 1,230. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X (Sistem Pembelajaran Kurikulum 2013) terhadap Variabel Y (Hasil Belajar Siswa), maka digunakan koefisien determinasi dengan hasil perhitungan sebesar 40,5% maka sebagian lainnya ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan hipotesis penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru agar sebaiknya dapat terus mengembangkan dan menerapkan sistem pembelajaran kurikulum 2013 terutama untuk pembelajaran materi-materi ekonomi, kepada para praktisi atau peneliti lain di bidang pendidikan agar dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan sistem pembelajaran dan metode yang berbeda sehingga diperoleh sebagai alternatif untuk peningkatan hasil belajar siswa pada tema bahasan selanjutnya, dan kepada pihak sekolah hendaknya menyediakan sarana pendukung proses belajar mengajar agar peserta didik lebih termotivasi belajar serta memperlancar proses belajar mengajar, serta kepada siswa agar dalam kegiatan proses belajar mengajar di kelas hendaknya siswa menunjukkan hubungan antara mata pelajaran dan kebutuhan yang akan mengakibatkan meningkatnya hasil belajar siswa. Kata Kunci: Sistem Pembelajaran Kurikulum 2013. Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 31 Aug 2017 06:32 |
Last Modified: | 31 Aug 2017 06:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29062 |
Actions (login required)
View Item |