PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTU MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Tema Daerah Tempat Tinggalku Subtema 3 Pa Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cipagalo 2 Kabupaten Bandung)

ENDAH PERMATASARI, 135060222 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTU MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Tema Daerah Tempat Tinggalku Subtema 3 Pa Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cipagalo 2 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB II.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 BAB III.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text
17 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
18 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
dp pdf.pdf

Download (215kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya rasa percaya diri siswa dan siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran, karena guru hanya menggunakan metode ceramah, dimana siswa hanya duduk, mencatat, dan mendengarkan apa yang disampaikannya dan sedikit peluang bagi siswa untuk bertanya. Sehingga rata-rata hasil belajar siswa subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa pada subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku di kelas IV SDN Cipagalo 2. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus pada pelaksanaannya. Setiap siklus terdiri dari dua pembelajaran dengan menerapkan model Discovery Learning. Adapun, tahapan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh di lapangan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa kelas IV pada subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku. Dengan demikian model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan guru pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas agar meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Discovery Learning, rasa percaya diri, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 30 Aug 2017 02:44
Last Modified: 30 Aug 2017 02:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29042

Actions (login required)

View Item View Item