MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA PASUNDAN 4 BANDUNG (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar “Pendapatan Nasional” Kelas X IPS SMA Pasundan 4 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

MIA NUR SYAMILAH, 135020003 (2017) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA PASUNDAN 4 BANDUNG (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar “Pendapatan Nasional” Kelas X IPS SMA Pasundan 4 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
(1) Cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(8) ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(7) ABSTRAC.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(6) ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(1) BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(2) BAB II.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(3) BAB III.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text
(4) BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
(5) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
Text
(13) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Pasundan 4 Bandung. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui perbedaan peningkatan aktivitas belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui program SPSS 21.0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample Test dan menggunakan perhitungan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengujian ratarata dua sampel menggunakan independen sample test dengan bantuan program SPSS 21.0 for windows, diperoleh nilai (Sig. (2-tailed)) sebesar 0,000 dan 0,000 (0,000 dan 0,000<0.05) artinya, terdapat perbedaan peningkatan aktivitas belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan peningkatan aktivitas belajar pada kelas eksperimen dan kontrol dapat dilihat dari perolehan N-gain Score sebesar 0,407 untuk kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,243. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan adanya perbedaan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi pada kompetensi dasar pendapatan nasional antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (ceramah). Sebagai akhir penelitian, penulis menyarankan kepada guru penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, bagi siswa keterlibatan siswa dalam aktivitas pembelajaran sangat penting dalam rangka mendukung keberhasilan belajar siswa di sekolah, bagi peneliti untuk melakukan penelitian replikasi. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, aktivitas belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 28 Aug 2017 06:31
Last Modified: 28 Aug 2017 06:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28960

Actions (login required)

View Item View Item