Nadia Nur Fadillah Kusnadi, 135060069 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Karamatmulya 01 Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. HALAMAN SAMPUL.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (738kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
|
Text
1. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) | Preview |
Abstract
Salah satu permasalahan dalam pembelajaran yaitu kurangnya keaktifan siswa dan rendahnya tingkat prestasi belajar siswa. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan metode yang kurang variatif. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada subtema keunikan daerah tempat tinggalku menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak tiga kali siklus. Satu siklus terdiri dari dua pembelajaran.Adapun setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Karamatmulya 01 Kabupaten Bandung tahun pelajaran 2016-2017. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Pada siklus I skor rata – rata keaktifan siswa sebesar 2,24 dengan kategori kurang, pada siklus II skor rata – rata keaktifan siswa sebesar 2,53 dengan kategori cukup, pada siklus III skor rata – rata keaktifan siswa sebesar 2,92 dengan kategori baik. Sedangkan peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I skor rata – rata prestasi belajar siswa melalui post test sebesar 3,47 dengan kategori sangat baik, pada siklus II skor rata – rata prestasi belajar post test sebesar 3,49 dengan kategori sangat baik, dan siklus III skor rata – rata prestasi belajar post test sebesar 3,51 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data diperoleh dengan cara observasi, post tes, angket, dan dokumentasi. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Kata kunci : Model Problem Based Learning, Keaktifan, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 04:16 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 04:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28945 |
Actions (login required)
View Item |