Karina Savitri, 135060066 (2017) PENERAPAN MODELPROBLEM BASED LEARNING(PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas IV SDN Muararajeun Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (839kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (276kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (71kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Muararajeun Kota Bandung.Penelitian ini didasari dari kurangnya nilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran.Hal tersebut disebabkan karena didalam pembelajaran guru masih mengunakan metode kuno atau pembelajarannya terjadi satu arah seperti ceramah dan belum memanfaatkan media dan model pembelajaran yang menarik bagi siswa.Penelitian ini menggunakan motode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunkan sistem siklus yang 3 siklus dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan test evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunkan model Problem Based Learning(PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus 1 aspek kognitif mencapai 54,48 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 31,6%, aspek afektif 2,67 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 47,4%, dan aspek psikomotor 2,31 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 34,2%. Pada siklus II terjadi peningkatan, nilai rata-rata kelas aspek kognitif mencapai 55,77 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 47,4%, aspek afektif 2,91 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 55,26%, dan aspek psikomotor 3,10 dengan pencapaian nilai KKM 100%. Pada siklus III hasil belajar siswa melebihi target yang telah ditentukan dan mengalamai peningkatan dari siklus sebelumnya, nilai rata-rata kelas aspek kognitif mencapai 80,00 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 81,6%, aspek afektif 3,03 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 89,5%, dan aspek psikomotor 3,28 dengan pencapaian nilai KKM 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keunikan daerah tempat tinggalku pada siswa kelas IV SDN Muararajeun Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Berdasarkan dengan hasil penelitian ini, guru hendaknya model pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu acuan dan alternatif bagi guru untuk proses pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 04:10 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 04:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28942 |
Actions (login required)
View Item |