PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MEMELIHARA EKOSISTEM (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Ekosistem Kelas V SDN Rancasawo 03 Bandung Tahun Pelajaran 2016/ 2017)

YANTI YULIANTI SOLIHAH, 135060018 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MEMELIHARA EKOSISTEM (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Ekosistem Kelas V SDN Rancasawo 03 Bandung Tahun Pelajaran 2016/ 2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (978kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (924kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di SDN Rancasawo 03 Bandung khususnya di kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang pada subtema memelihara ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan yang ditemukan peneliti yaitu kurangnya sikap tanggung jawab, mandiri dan rasa percaya diri siswa sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menurun pada saat belajar. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan sebelumnya, bahwa pembelajaran yang terjadi di kelas cenderung berpusat pada guru dan siswa tidak terlibat aktif pada saat belajar. Sehingga banyak siswa yang belum mendapatkan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70. Permasalahan ini muncul karena guru cenderung menggunakan metode pembelajaran konvensional (metode ceramah) disetiap pembelajarannya. Siswa merasa malas untuk mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh gurunya, tidak adanya kesadaran diri siswa untuk belajar dan tidak adanya keberanian siswa untuk tampil di depan kelas sehingga menyebabkan pembelajaran yang berlangsung kurang optimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan atau pembelajaran. Adapun tahapan dalam penelitian yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes hasil belajar melalui posttes. hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan sikap tanggung jawab, mandiri, rasa percaya diri dan hasil belajar disetiap siklusnya. Hal ini telihat dari lembar observasi penilaian sikap tanggung jawab pada siklus I siswa hanya mendapatkan hasil presentase sebesar 44,1%, pada siklus II mendapatkan hasil presentase sebesar 58,3%, dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan hasil presentase sebesar 79,1%. Hasil penilaian observasi sikap mandiri pada siklus I yang hanya mendapatkan hasil sebesar 51,6%, pada siklus II mendapatkan hasil presentase sebesar 60%, dan pada siklus III mengalami peningkatan dan mendapatkan hasil presentase sebesar 78,3%. %. Hasil penilaian observasi rasa percaya diri siswa juga mengalami peningkatan disetiap siklusnya, hal terlihat dari hasil presentase pada siklus I sebesar 53,3%, pada siklus II mendapatkan hasil presentase sebesar 66,6%, dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan hasil presentase sebesar 80,8%. Hasil belajar siswa pada siklus I dari jumlah siswa 30 orang, hanya 16 orang sudah mendapatkan nilai KKM dengan presentase ketuntasan sebesar 53,3%, pada siklus II 21 orang yang sudah mendapatkan nilai KKM dengan hasil presentase ketuntasan sebesar 70% dan pada siklus III 27 orang sudah mendapatkan nilai KKM dan mengalami peningkatan presentase ketuntasan menjadi 90%. Dengan demikian penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada subtema memelihara ekosistem dapat dikatakan berhasil meningkatan sikap tanggung jawab, mandiri, rasa percaya diri dan hasil belajar siswa karena hasil presentase sudah sesuai dengan hasil yang diharapkan yaitu 70%. Kata Kunci : Sikap Tanggung jawab, Sikap Mandiri, Rasa Percaya Diri, Hasil Belajar Siswa dan Model Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Aug 2017 01:46
Last Modified: 26 Aug 2017 01:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28905

Actions (login required)

View Item View Item