PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Tema Makananku Sehat dan Bergizi pada Kelas IV Sem Dua SDN 063 Kebon Gedang Kota Bandung Tahun pelajaran 2016/2017)

Deri Ahmad Nawawi, 135060103 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Tema Makananku Sehat dan Bergizi pada Kelas IV Sem Dua SDN 063 Kebon Gedang Kota Bandung Tahun pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1.COVER DERI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.abstrak 2.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.BAB III.pdf

Download (787kB) | Preview
[img] Text
12.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
14.DAFTAR PUSTAK1.pdf

Download (131kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama dan hasil Belajar Siswa, dilatarbelakangi oleh rendahnya kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 063 Kebon Gedang, Kecamatan Batununggal Kota Bandung. Hal ini dikarenakan masih kurang nya keterampilan pendidik dalam memilih suatu model yang tepat, dan masih menggunakan metode yang lama sehingga membuat pembelajaran monoton dan hasil belajar tidak maksimal. Diperlukan sebuah pendekatan yang dapat memberikan peningkatan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa, salah satunya model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning. pada Tema Makananku Sehat Dan Bergizi. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart dengan dua siklus. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan subjek siswa kelas IV dengan menggunakan model PBL menghasilkan peningkatan sikap kerjasama belajar dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 67%, dan siklus II sebesar 87%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 66 (cukup), siklus II sebesar 82 (baik) serta peningkatan hasil belajar dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 70%, dan siklus II sebesar 90%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 75 (baik), siklus II sebesar 84 (baik). Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa pada subtema Makanan sehat dan Bergizi. Kata Kunci : Sikap Kerjasama, Hasil belajar, Model Problem Based Leraning,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Aug 2017 08:25
Last Modified: 25 Aug 2017 08:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28903

Actions (login required)

View Item View Item