Dessy Lisdiana, 135060123 (2017) MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING ( Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Semester II Tahun Ajaran 2016/2017 SDN Kertamulya I Kabupaten Indramayu). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I A.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I B.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II A.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II B.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III A.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III B.pdf Download (732kB) | Preview |
|
Text
BAB IV A.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
Text
BAB IV B.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V A.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
Text
BAB V B.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa melalui penerapan model discovery learning pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Kertamulya I Kabupaten Indramayu. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang memiliki sikap percaya diri dan hasil belajar yang kurang memuaskan, dikarenakan siswa masih belum berani dalam mengemukakan pendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan. Dan dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga dalam proses pembelajaran siswa cenderung pasif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunkan metode penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan tahap-tahap model discovery learning. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, hasil tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model discovery learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sampai siklus III memperoleh nilai yaitu 3,17 menjadi nilai 3,57, sikap percaya diri pada siklus I sampai siklus III yaitu 57,14% menjadi 82,14%, selanjutnya hasil belajar siklus I sampai siklus III, hasil belajar siswa yaitu 46,42 % menjadi 89,2 %. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model discovery learning mampu meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia di kelas IV SDN Kertamulya I. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 25 Aug 2017 08:04 |
Last Modified: | 25 Aug 2017 08:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28898 |
Actions (login required)
View Item |