UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Cipagalo 1 Kabupaten Bandung)

Mela Melinda, 135060093 (2017) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Cipagalo 1 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I (refisi fix).pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II (revisi fix).pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III (revisi fix).pdf

Download (724kB) | Preview
[img] Text
6. BAB IV (revisi fix).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Salah satu permasalahan dalam pembelajaran yaitu kurangnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan rendahnya hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan metode yang kurang variatif. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak tiga siklus. Salah satu siklus terdiri terdiri dari dua pembelajaran dengan empat tahap yaitu: perencanaan, peleaksanaan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Cipagalo 1 Kabupaten Bandung tahun pelajaran 2016-2017. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I skor aktivitas belajar siswa sebesar 2,88 dengan kategori baik, pada siklus II skor sebesar 3,04 dengan kategori baik, pada siklus III skor sebesar 3,56 dengan kategori sangat baik. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I melalui LLK dengan skor 67 dengan kategori baik, pretest dengan 59 kategori cukup, dan posttest dengan skor 67 dengan kategori baik. Pada siklus II hasil belajar melalui LKK dengan skor 79 dengan kategori baik, pretest dengan skor 61 dengan kategori cukup, dan posttest dengan skor 74 dengan kategori baik. Pada siklus III hasil belajar melalui LKK dengan skor 81 dengan kategori baik, pretest dengan skor 71 dengan kategori baik, posttest dengan skor 82 dengan kategori baik. Berdasarkan data yang diperoleh dengan cara observasi, LKK, pretest, dan posttest, angket, dan dokumentasi. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Jigsaw, Aktivitas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Aug 2017 07:44
Last Modified: 25 Aug 2017 07:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28894

Actions (login required)

View Item View Item