PERANAN FASILITAS DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK PASUNDAN 3 BANDUNG (studi kasus mata pelajaran dasar – dasar perbankan semester genap tahun ajaran 2016 - 2017)

RAHMA NUR AZIZA, 135020094 (2017) PERANAN FASILITAS DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK PASUNDAN 3 BANDUNG (studi kasus mata pelajaran dasar – dasar perbankan semester genap tahun ajaran 2016 - 2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.Abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img]
Preview
Text
8.Daftar Pustaka.pdf

Download (126kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul peranan fasilitas dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK PASUNDAN 3 Bandung pokok bahasan pada mata pelajaran dasar – dasar perbankan yang dilatar belakangi oleh 1. Sebagian siswa kelas X Akuntansi belum mencapai KKM dalam mata pelajaran dasar – dasar perbankan, 2. Siswa kelas X akuntansi masih kurang optimal dalam menggunakan fasilitas yang ada, 3. Kesadaran siswa kelas X Akuntasi dalam kebiasaan belajar yang baik masih kurang. Bertujuan untuk 1. Mengetahui fasilitas belajar siswa kelas X Akuntansi pada mata pelajaran dasar - dasar perbankan, 2. Mengetahui bagaimana kebiasaan belajar siswa kelas X Akuntansi pada mata pelajaran dasar – dasar perbankan, 3. Mengetahui bagaimana peranan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi, 4. Mengetahui bagaimana peranan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi, 5. Mengetahui bagaimana peranan fasilitas dan kebiasaan belajar terhdap prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan metode survei tingkat eksplanasi asosiatif kausal. Hipotesis penelitian ini, yaitu 1. Terdapat peranan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X Akuntansi, 2 Terdapat peranan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X Akuntansi. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier berganda, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 24.0 for windows. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa, 1. Terdapat peranan fasilitas belajar sebesar 5,5% terhadap Prestasi Belajar Peserta didik kelas X Akuntansi di SMK PASUNDAN 3 Bandung dalam mata pelajaran dasar – dasar perbankan itu berarti Y sebagian kecil dipengaruhi oleh X1, arti Ha1 dapat diterima dan Ho1 ditolak, 2. Terdapat peranan Kebiasaan belajar yang lebih kecil dibandingkan Fasilitas Belajar yakni sebesar 0,9 % terhadap Prestasi Belajar Peserta didik kelas X Akuntansi di SMK PASUNDAN 3 Bandung dalam mata pelajaran Dasar – dasar Perbankan. itu berarti Y hampir sangat kecil sebagian dipengaruhi oleh X2, artinya Ha2 dapat diterima dan Ho2 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu secara parsial terdapat peranan fasilitas dan kebiasaan belajar peserta didik kelas X Akuntansi SMK PASUNDAN 3 Bandung menunjukkan hasil yang tidak begitu besar namun hasil menunjukkan peran fasilitas 5,5% lebih besar dibandingkan kebiasaan belajar 0,9% terhadap peserta didik dalam mata pelajaran dasar – dasar perbankan. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada sekolah agar lebih meningkatkan fasilitas yang telah ada supaya siswa di sekolah lebih bersemangat dalam belajar, guru khususnya mata pelajaran dasar – dasar perbankan dalam kegiatan mengajar lebih menggunakan fasilitas media belajar seperti proyektor agar siswa tidak mudah bosan, peserta didik agar menggunakan fasilitas yang telah sekolah sediakan dengan baik dan optimal dan harus lebih meningkatkan kembali kebiasaan belajar yang lebih baik, Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian secara lebih lanjut dan mendalam pada pelajaran dan sekolah yang berbeda sebagai perbandingan. Kata kunci: Fasilitas Belajar, Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Aug 2017 07:00
Last Modified: 25 Aug 2017 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28869

Actions (login required)

View Item View Item