ANALISIS KAJIAN EVALUASI STRATEGIK DENGAN PENGUKURANBALANCE SCORECARD DALAM UPAYA PENCAPAIAN KINERJA SEKOLAH (Studi Kasus di SMK Negeri 2 Cimahi)

EDDY MUSTOFA, NPM. 158 020 062 (2017) ANALISIS KAJIAN EVALUASI STRATEGIK DENGAN PENGUKURANBALANCE SCORECARD DALAM UPAYA PENCAPAIAN KINERJA SEKOLAH (Studi Kasus di SMK Negeri 2 Cimahi). Thesis(S2) thesis, unpas.

[img] Text
Jurnal (Eddy Mustofa).docx

Download (73kB)

Abstract

Penilaian kinerja sekolah dilakukan sebagai sarana evalusi atas semua keputusan strategik yang telah dilaksanakan mengingat semakin meningkatnya tuntutan pada guru, karyawan dan siswa untuk semakin berkualitas. Balanced scorecard (BSC) adalah salah satu alat manajemen yang dapat diterapkan di sekolah untuk mengukur seberapa efektif dan efisien kinerja sekolah dilihat dari kinerja keuangan dan non keuangan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis evaluasi strategik pencapaian kinerja sekolah dengan pengukuran balance scorecard. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dengan obyek SMKN2 Cimahi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan angket. Responden yang terlibat adalah kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, siswa, dan komite sekolah. Teknik anlisis yang digunakan adalah time series analysis. Implementasi strategi berdasarkan 4 perspektif BSC telah mampu menemukan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan aspek kepuasan pelanggan, aspek proses kinerja internal, aspek pembelajaran dan pertumbuhan, dan aspek keuangan, komponen standar pendidikan yang telah memenuhi pencapaian target diantaranya adalah standar isi, standar proses, standar pendidik, standar pengelolaan, standar penilaian, kesiapan sekolah dan dukungan eksternal. Komponen standar pendidikan yang belum memenuhi pencapaian target yaitu standar kompetensi lulusan, standar tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, dan standar pembiayaan. Pengukuran kinerja sekolah yang digunakan adalah delapan (8) Standar Nasional Pendidikan. Kendala yang dihadapi dalam pencapaian target adalah kompetensi lulusan mengalami penurunan, dukungan komite sekolah dan pihak orang tua siswabelum mencapai target standar. Setelah melakukan evaluasi kinerja sekolah dengan pengukuran balance score card, sekolah diharapkan dapat memenuhi target untuk rancangan ke depan yang berdasar pada empat perspektif BSC, yaitu: keuangan, pelanggan, proses kinerja internal, dan pertumbuhan dan pembelajaran. Dari hasil penelitian ini diharapkan sekolah dapat terus meningkatkan kualitas para guru, sehingga dapat mendorong peningkatan kualitas para lulusan. Kata kunci : evaluasi, strategi, target, balance scorecard, kinerja sekolah.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 25 Aug 2017 04:06
Last Modified: 25 Aug 2017 04:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28846

Actions (login required)

View Item View Item