UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA TEMA BUMI DAN ALAM SEMESTA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III SDN 063 Kebon Gedang Kecamatan Batununggal Kabupaten Bandung)

Gatit Melani Suseno, 135060102 (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA TEMA BUMI DAN ALAM SEMESTA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III SDN 063 Kebon Gedang Kecamatan Batununggal Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (880kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul upaya meningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Snowball Throwing pada tema bumi dan alam semesta, yang dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di lapangan yaitu hasil belajar siswa yang belum mem enuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sehingga menyyebabkan rendahnya keaktfan dan hasil belajar siswa. Hal ini terjadi karena guru masih sering menggunakan model pembelajaran yang konvensional atau tradisional dalam pembelajaran. Desain penelitian ini menggunakan model PTK yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan, dan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada keaktifan siswa pada siklus I sebesar 2.9, siklus II sebesar 3.3 dan siklus III sebesar 3.8, serta hasil belajar siswa juga meningkat seiring berjalannya pertemuan. Peserta didik juga menunjukkan sikap/respon yang positif terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan model Snowball Throwing. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada Tema Bumi dan Alam Semesta Sub Tema Bumi bagian dari Alam Semesta di Kelas III SDN 063 Kebon Gedang Bandung. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran snowball throwing dapat menjadi salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Snowball Throwing, keaktifan, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Aug 2017 03:42
Last Modified: 25 Aug 2017 03:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28835

Actions (login required)

View Item View Item